Connect with us

Nasional

Maksimalkan Desa Wisata, Menparekrat Rencanakan Beri DAK bagi Desa Wisata dan Pelaku Seni Budaya

Published

on

Realitarakyat.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, pada tahun 2021 ini berencana akan memberikan dana alokasi khusus (DAK) kepada seluruh Desa Wisata dan para pelaku seni budaya di masing-masing desa itu.

Melalui kebijakan yang bertujuan menciptakan desa pariwisata, dengan daya tarik mengedepankan ikon serta budaya lokal masing-masing daerah. Diharapkan mampu mengangkat destinasi masing-masing daerah, serta mendukung pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui kuliner, kriya lokal daerah masing-masing.

“Untuk memaksimalkan desa wisata nantinya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berencana akan memberikan DAK kepada seluruh desa wisata dan para pelaku seni budaya di Indonesia,” kata Sandiaga Uno dalam rapat bersama Komisi VIII DPR, Kamis (14/1/2021).

Dijelaskannya dengan kebijakan itu industri pariwisata akan diarahkan untuk bisa bertahan dalam segala kondisi termasuk di tengah kondisi pandemi saat ini. Lalu, kolaborasi di mana Kemenparekraf akan menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan bekerjasama dengan sinergi untuk mencapai pertumbuhan yang maksimal.

“Untuk menerapkan upaya tersebut kita akan sampaikan strategi inovasi. Ini upaya mendasar mulai dari kebersihan toilet, hotel program destinasi super prioritas. Desa wisata ini kita perbaiki produk ekraf nya, kuliner, kriya. Mulai dari busana tarian sampai infratruktur dan interkoneksi,” jelasnya.

Atas rencana kebijakan itu, Sandiaga Uno berjanji akan segera menyusun rencana anggaran yang mengatur besaran dari DAK yang akan dialokasikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kepada masing-masing desa pariwisata di tahun 2021 ini.[prs]

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Headline

Per Hari Ini Senin 25 Januari Kasus Positif Covid di Indonesia Tembus 1 Juta Orang

Published

on

Continue Reading

Headline

Presiden jokowi Sebut Toleransi Akan Muncul Jika Kita Menghormati Perbedaan

Published

on

Continue Reading

DPR

DPR: Pejabat Publik Belum Jadi Contoh yang Baik Cegah Penyebaran Covid-19

Published

on

Anggota Komisi IX DPR Netty Prasetiyani (ist/net)
Continue Reading
Loading...