Pemeriksaan Pengacara Bupati Manggarai Barat Ditunda

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Perhimpunan advokat Kota Kupang, Senin (15/02/2021) mendatangi Kantor Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur untuk meminta penundaan pemeriksaan terhadap Ali Antonius, S. H selaku kuasa hukum Bupati Manggarai Barat, Agustinus CH. Dula.

Perhimpunan Advokat Kota Kupang ini meminta agar pemeriksaan sebagai saksi terhadap Ali Antonius, S. H ditunda hingga pekan depan, Senin (21/02/2021) mendatang.

Fransisco B. Bessi salah satu anggota Peradi NTT kepada wartawan di Kantor Kejati NTT mengatakan bahwa kedatangan dirinya bersama dengan Ketua DPC Peradi NTT, Philipus Fernandes, S. H dan Sekretaris Peradi NTT, Nikson Mesakh, mendatangi Kejati NTT dengan tujuan untuk meminta penundaan pemeriksaan.

Dijelaskan pengacara kondang Kota Kupang ini, permintaan ini dengan alasan karena Ali Antonius, S. H dalam kondisi yang tidak fit karena baru usai mengikuti sidang pra peradilan di Pengadilan Negeri (PN) Kelas IA Kupang.

“Tujuan kami datang ke Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur untuk meminta penundaan pemeriksaan untuk Ali Antonius, S. H sebagai saksi dalam kasus saksi palsu,” jelas pengacara yang juga atlet Taekwondo ini.

Namun, lanjut advokat yang akrab disapa Sisco ini, permintaan untuk penundaan pemeriksaan sebagai saksi hingga pekan depan, Senin (21/02/2021) sebagai saksi ditolak oleh Kejati NTT.

Menurut Sisco, pemeriksaan Ali Antonius, S. H sebagai saksi dalam kasus saksi palsu akan dilakukan pada Kamis (18/02/2021) mendatang. “Penyidik menolak untuk dilakukan pada Senin (21/02/2021) mendatang. Penyidik minta pemeriksaan dilakukan pada, Kamis (18/02/2021),” terang Sisco.

Ditambahkan Sisco, terkait pemeriksaan kepada Ali Antonius, S. H pada, Kamis (18/02/2021) mendatang penyidik telah melayangkan surat panggilan yang dititipkan melalui dirinya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPC Peradi NTT, Philipus Fernandes, S. H menambahkan bahwa terkait pemeriksaan rekan advokat, Ali Antonius, S. H akan dipenuhi pada Kamis (18/02/2021)) mendatang.

Ketika ditanya soal alasan penundaan ini, Philipus mengaku bahwa pihaknya menghormati proses hukum yang ada. Namun, karena saksi tidak dalam kondisi yang begitu baik dikarenakan baru selesai sidang pra peradilan di PN Kelas IA Kupang.

“Pada hari Kamis (18/02/2021) mendatang kami yang antar sendiri saksi, Ali Antonius untuk diperiksa sebagai saksi di Kejati NTT,” ujar Philipus.(rey)

  • Bagikan