Usai Dari Pacitan, Jokowi Juga Akan Meresmikan  3 Bendungan Baru Lagi

  • Bagikan
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyatakan, bakal ada tiga bendungan diresmikan dalam waktu dekat, atau sekisar minggu depan. Jokowi mengatakan itu saat meresmikan Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur hari ini, Minggu (14/2/2021).

“Selain ini (Bendungan Tukul, red), nanti minggu depan ini kita akan resmikan lagi bendungan Napun Gete NTT, Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan, dan Bendungan Sindangheula di provinsi Banten,” kata Presiden Jokowi seperti dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (14/2/2021).

Jokowi menjelaskan, deretan bendungan akan diresmikan itu merupakan bendungan yang mulai dibangun sejak enam tahun lalu.

“Beberapa sudah bisa diresmikan. Seperti Bendungan Raknamo di NTT, Bendungan Rotiklot di NTT, Bendungan Tanju di NTB, Bendungan Mila di NTB, Bendungan Teritip di Kalimantan Timur, Bendungan Gondang di Jawa Tengah, Bendungan Sei Gong di Kepri Kepulauan Riau, bendungan Nipah di Jawa Timur dan pada hari ini Bendungan Tukul di Pacitan, Jawa Timur,” kata Presiden Jokowi.

Bendungan Tukul yang diresmikan hari ini, ternyata memakan biaya pembangunan berkisar Rp916 miliar. Bendungan ini mampu menyediakan air baku mencapai 300 liter per detik.

“Tentu saja ini untuk warganya bapak bupati pacitan dengan kapasitas tampung 8.7 juta meter kubik bendungan ini bisa memberikan manfaat sangat besar yaitu 600 hektare sawah. Yaitu, meningkatkan indeks pertanaman yaitu dari tadinya satu kali. Satu kali tanam padi dan satu kali tanam palawija menjadi 2 kali tanam padi dan 1 kali tanam palawija. Insya Allah ini sudah bisa dilihat dan dilakukan,” kata Presiden Jokowi.(Ilm)

 

  • Bagikan