Kata Jhoni Allen, Loyalitas itu ke Partai Bukan ke Orang

  • Bagikan
Kata Jhoni Allen, Loyalitas itu ke Partai Bukan ke Orang
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sekjen Partai Demokrat kubu Kongres Luar Biasa (KLB) pimpinan Moeldoko, Jhoni Allen Marbun, angkat bicara soal ketidakhadirannya dalam pengucapan ikrar setia terhadap Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ia menyatakan bahwa dirinya ialah orang yang memiliki loyalitas terhadap institusi, bukan kepada orang lain.

“Kesetiaan itu kepada Partai Demokrat dalam konteks memperjuangkan nilai-nilai pendirian Demokrat, di mana sembilan unsur untuk mengatakan salah satunya demokratis, humanis, terbuka siapa saja boleh masuk,” kata Jhoni kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (16/3).

Sebelumnya, 53 dari 54 kader Partai Demokrat yang jadi anggota DPR RI periode 2019-2024 mengucapkan ikrar setia terhadap AHY dengan dipimpin oleh Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas di tangga Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senin (15/3).

Jhoni menjadi satu-satunya anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat yang tidak ikut mengucapkan ikrar setia terhadap AHY.

Dalam ikrar kesetiaan tersebut, Ibas dan para kader Demokrat di DPR menegaskan soal kesetiaan demi tegaknya konstitusi, UU Partai Politik, serta AD/ART Partai Demokrat Hasil Kongres ke-V Tahun 2020 yang telah disahkan Pemerintah dan dicatat dalam Surat Keputusan Kemenkumham tanggal 18 Mei 2020 Nomor M.HH-09-AH.11.01 tahun 2020.

Partai Demokrat sendiri tengah digoyang isu perpecahan kubu kepengurusan usai gelaran KLB di Sumatra Utara dan Jhoni Allen sebagai Sekretaris Jenderal.

DPP Partai Demokrat sempat menyatakan akan memecat Jhoni Allen dari DPR lewat jalur pergantian antar waktu (PAW). Namun, prosesnya belum tuntas.[prs]

  • Bagikan