Kata Panglima, Ada Bukti Otentik Soal Gugurnya Awak KRI Nanggala-402

  • Bagikan
Kata Panglima, Ada Bukti Otentik Soal Gugurnya Awak KRI Nanggala-402
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah menyatakan bahwa seluruh awak KRI Nanggala-402 gugur. Ada bukti-bukti otentik yang dimiliki oleh pemerintah untuk menyimpulkan hal tersebut.

“KRI Rigel telah melakukan pemindaian secara lebih akurat di lokasi tersebut menggunakan multibeam sonar dan magnetometer,” ucap Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dalam koferensi pers, Minggu (25/4/2021).

“Telah menghasilkan citra bawah air yang lebih detail, MV Ship Rescue juga telah menurunkan ROV-nya untuk memperkuat citra bawah air secara visual menggunakan kamera,” ujarnya.

Dari hasil pemindaian, terlihat bagian-bagian dari KRI Nanggala-402. Bagian-bagian tersebut pun telah dipastikan milik dari KRI Nanggala.

“Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11,” ucapnya.

Dari haril penemuna itu, Hadi menyimpulkan seluruh awak KRI Nanggala gugur.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur,” katanya.[prs]

  • Bagikan