4 Ribu Pemudik Positif Covid, Gus Ami: Jangan Sampai Kejadian di India Terjadi di Indonesia

  • Bagikan
4 Ribu Pemudik Positif Covid, Gus Ami: Jangan Sampai Kejadian di India Terjadi di Indonesia
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sebanyak 4.123 orang pemudik dinyatakan positif Covid-19, saat test acak yang dilakukan aparat kepolisian sejak larangan mudik lebaran 6 Mei 2021.

Kondisi ini membuat Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI sangat prihatin. Ketua Umum DPP PKB ini pun meminta dengan sangat, agar masyarakat tidak memaksakan diri mudik, dan lebih memilih merayakan Idul Fitri di rantau saja.

“Tolong jangan memaksakan diri. Lihatlah kejadian di India, jangan sampai apa yang terjadi di India juga terjadi di Indonesia. Patuhi imbauan pemerintah untuk tidak mudik,” ujar Gus AMI, Selasa (11/5/2021).

Ketua Tim Pengawas Penanganan Bencana Covid-19 DPR RI ini meminta aparat di lapangan untuk meningkatkan pengawasan. Sebab, di sejumlah titik arus mudik terlihat tumpukan pemudik yang masih mencoba menerobos penjagaan kepolisian.

“Petugas di lapangan harus tegas, jangan melunak. Bila perlu ditambah petugas di lapangan. Sebab kalau masih banyak yang dibiarkan lolos maka nantinya yang lain pun akan ikut menerobos,” tutur Gus AMI.

Diketahui, dari Operasi Ketupat, jumlah pemudik yang di-random testing lebih dari 6.742 (orang). Dari mereka yang dikonfirmasi positif Covid-19 sebanyak 4.123 orang, 1.686 orang melakukan isolasi mandiri. Kemudian, 75 orang di antaranya mendapatkan perawatan.[prs]

  • Bagikan