Xiaomi Patenkan Teknologi Kamera Flip di Bawah Layar

  • Bagikan
China
Ilustrasi. DOK/NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Xiaomi dilaporkan telah berhasil mendapatkan paten untuk kamera di bawah layar yang bisa berputar atau kamera flip di bawah layar. Teknologi tersebut diklaim dapat menjadikan kamera utama berfungsi juga kamera selfie.

Teknologi flip yang akan digunakan dalam pengaturan kamera ponsel akan memungkinkan kamera berputar 180 derajat dan berfungsi sebagai kamera selfie dan kamera belakang.

Menurut dokumen Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) yang ditemukan oleh Lets Go Digital, Xiaomi mengajukan paten untuk ‘perangkat’ yang dilengkapi kamera di bawah layar pada Februari 2020. Ada indikasi bahwa Xiaomi memperkenalkan perangkat tersebut tahun ini.

Melansir Gizmo China, modul kamera lipat ditempatkan di bagian belakang perangkat dan hanya merupakan bagian dari sistem. Saat berputar ke belakang, kamera itu bisa berputar dan jadi pelengkap dari kamera tiga lensa.

Rincian lengkap diberikan dalam dokumen dokumentasi dan menunjukkan bahwa modul penggerak magnet digunakan untuk pengoperasian kamera yang diputar secara internal di balik layar.

Dokumentasi paten juga mengungkapkan bahwa kamera depan diaktifkan secara internal dengan kamera belakang yang berputar. Layar disesuaikan agar pas dengan modul kamera yang diaktifkan dan memberikan bidikan yang sama-sama berkualitas.

Ada indikasi bahwa smartphone Xiaomi pertama yang memiliki kamera di dalam layar yang dapat diputar untuk berfungsi sebagai kamera selfie adalah Mi Mix 4.

Lihat juga: Susul Xiaomi dan Huawei, Oppo Ikut Bisnis Otomotif
Xiaomi diketahui aktif melakukan penelitian dan pengembangan dalam segmen smartphone. Xiaomi bukan satu-satunya perusahaan yang mengerjakan tampilan lengkung inovatif dan teknologi kamera di bawah layar.

Namun, perusahaan China itu membuat langkah besar dalam pengembangan modul kamera di bawah layar yang berputar, seperti yang ditunjukkan oleh paten baru yang diberikan oleh WIPO.[prs]

  • Bagikan