Pemprov DKI Bakal Buat Jalur Permanen Sepeda Road Bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang

  • Bagikan
Pemprov DKI Bakal Buat Jalur Permanen Sepeda Road Bike di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membuat permanen jalur sepeda khusus road bike di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang setiap Sabtu dan Minggu pada pukul 05.00 hingga 08.00 WIB.

“Hasil rapat sementara lintasan Jalan Layang Non-Tol Kokas (Kota Kasablanka) yang Karet itu menjadi lintasan permanen road bike setiap Sabtu Minggu saja, jam 5 sampai jam 8 pagi,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota, Senin (31/5/2021) malam.

Dari rapat juga didapatkan keputusan yakni pada Sabtu dan Minggu akan disiapkan jalur tambahan di Sudirman-Thamrin khusus bagi pesepeda non-road bike.

“Kemudian lintasan road bike Sudirman-Thamrin pada Senin-Jumat diperbolehkan dari jam 5 sampai 6.30, untuk road bike Sudirman-Thamrin. Selain waktu tersebut dilarang, seluruhnya wajib menggunakan jalur sepeda permanen selain di jam itu,” ucap dia.

Riza menyatakan bahwa penetapan lintasan road bike akan diatur melalui Keputusan Gubernur. Saat ini, kata dia, pihak terkait tengah maraton untuk menyelesaikan draf Keputusan Gubernur.

“Sambil menunggu pengaturan melalui Kepgub, lintasan road bike Jalan Layang Non Tol tetap dilaksanakan dengan uji coba. Jadi sebelum keluar (Kepgub), dapat dilaksanakan dengan uji coba,” ucap dia.

Lebih lanjut, Riza mengatakan alasan pihaknya mempermanenkan jalur road bike adalah untuk memberikan kesempatan yang sama bagi semua pengguna jalan.

“Tugas kami pemerintah mengatur sebaik-baiknya, supaya semua punya kesempatan yang sama. Pejalan kaki, pengguna sepeda road bike, non road bike, sepeda motor, kemudian angkot sampai bus dan truk,” tukasnya.[prs]

  • Bagikan