Formappi: Kebijakan Kontroversi Sekjen Indra Iskandar Malah Rusak Citra DPR RI

  • Bagikan
Formappi: Kebijakan Kontroversi Sekjen Indra Iskandar Malah Rusak Citra DPR RI
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kebijakan yang dikeluarkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar jadi sorotan publik.

Pasalnya, kebijakan yang kerapkali dikeluarkan Indra bahkan dinilai telah merusak citra DPR RI sebagai lembaga negara.

Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) Lucius Karius mengatakan, salah satu kebijakan kontroversial yang disorot adalah kebijakan terkait pengadaan Multivitamin di Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI sebesar Rp2 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2021.

“Saya kira seperti itulah, kebijakan yang dikeluarkan Sekjen (Indra Iskandar) sering membuat pandangan publik terhadap DPR menjadi hancur,” terang dia kepada wartawan, Kamis (2/9/2021).

Selain pengadaan Multivitamin, kebijakan Indra yang sempat jadi polemik dan menuai kritik adalah penyediaan fasilitas isolasi mandiri di hotel untuk anggota DPR RI yang terpapar Covid-19. Hal itu juga turut disesalkan oleh Lucius.

Kendati begitu, Lucius menilai kebijakan tersebut tak diputuskan sendiri oleh Indra Iskandar.

“Tapi saya gak percaya banget bahwa kebijakan sekjen ini tanpa pembicaraan sebelumnya tidak mungkin kebijakan ini tiba tiba ada, biasanya ada pembicaraan sama BURT,” terang pengamat politik ini.

Lucius mengimbuhkan, meski diakui Indra bahwa pengadaan Multivitamin tersebut telah dibatalkan, tender tersebut tidak boleh ujug-ujug dibatalkan. Diperlukan pembahasan lebih jauh dengan pemenang tender, dalam hal ini PT Chemipharma Julien Djonelida.

“Kalau misal ingin dibatalkan harus ada pembicaraan lagi karena tender sudah dilakukan dan tidak mungkin tender dibatalkan secara sepihak,” tandasnya.[prs]

  • Bagikan