Anies Resmikan Gedung GKI Puri Indah, Bukti Jaminan Kesetaraan Hak Beribadah Warga DKI

  • Bagikan
gki
Gubernur DKI Anies Baswedan saat ikut meresmikan Gedung Gereja Kristen Indonesia (GKI) Puri Indah/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut meresmikan Gedung Gereja Kristen Indonesia (GKI) Puri Indah, Taman Permata Buana, Jakarta Barat, Sabtu (6/11).

Anies menuturkan, peresmian ini sebagai bentuk pihaknya menjamin kesetaraan hak beribadah dengan tenang dan nyaman bagi setiap warga Jakarta. Hal ini, kata Anies, merupakan bagian dari komitmen dan ikhtiar Pemprov DKI untuk merawat persatuan Indonesia.

“Saya perlu sampaikan, rasa persatuan harus dirawat dengan memberikan keadilan, kesetaraan, kesamaan dalam kesempatan dan itu adalah komitmen kita (Pemprov) di Jakarta,” ujar Anies dalam sambutannya.

Anies menegaskan, persatuan Indonesia harus dirawat dengan menghadirkan kesetaraan termasuk untuk beribadah. Menurut Anies, peresmian GKI Puri Indah merupakan salah satu ikhtiar untuk merawat persatuan.

“Kita berada di GKI hari ini membawa sebuah pesan pada semua tempat bahwa hari ini akan hadir penyebar kedamaian dan keteduhan untuk Jakarta dan Indonesia,” ungkap Anies.

Selain itu, Anies juga mengapresiasi bahwa GKI Puri Indah telah memikirkan konsep bangunan yang ramah lingkungan, sekaligus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar, seperti penyediaan kolam tampung bawah tanah yang berguna apabila terjadi genangan di kawasan tersebut.

“Kami berpesan, sebagai sebuah gereja yang diresmikan tahun 2021, pandang ini dalam perspektif panjang, sehingga dapat membuat anak-cucu kita berkata bahwa generasi sebelum kami telah memikirkan konsep bangunan masa depan yang ramah lingkungan, maka kami apresiasi gereja ini yang memenuhi hal tersebut. Terlebih, gereja ini juga memiliki manfaat untuk lingkungan, ketika terjadi bencana, gereja ini dapat hadir memberikan peran,” jelas Anies.

GKI Puri Indah dibangun di atas tanah fasos fasum yang disewa dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak September 2014, dengan masa sewa yang sudah diperpanjang sampai September 2024 melalui SK Gubernur DKI Jakarta yang ditandatangani oleh Gubernur Anies pada tanggal 9 April 2019.

Sementara itu, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk gedung GKI Puri Indah diterbitkan pada tanggal 26 Mei 2017 dan Gedung GKI Puri Indah telah memperoleh Sertifikat Laik Fungsi (SLF) pada tanggal 7 Januari 2021.

Anies juga tidak lupa memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berperan dalam mendirikan gereja tersebut.

“Puji syukur kehadiran Tuhan Yang Mahakuasa yang telah memberikan kepada kita kesehatan dan kemudahan, sehingga pada hari ini, bisa sama-sama menjadi saksi atas hadirnya sebuah ikhtiar untuk menjaga iman, menjaga kesalehan di Jakarta. Saya ucapkan selamat kepada semua yang bekerja. Di depan podium yang berikan sambutan satu-dua orang, tetapi di belakangnya ada ratusan hingga ribuan orang yang bekerja dalam pembangunan gereja ini,” kata Anies.[prs]

  • Bagikan