Pemprov DKI Bakal Pintahkan Rel Trem Peninggalan Belanda di Proyek MRT Jakarta Fase 2A

  • Bagikan
Proyek MRT Fase 2, Pemerintah, rel
Rel trem di wilayah Glodok yang ditemukan saat pembongkaran jalan untuk proyek MRT Fase 2A/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memindahkan rel trem peninggalan Belanda yang ditemukan dalam proyek pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Glodok-Kota.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria belum membeberkan lokasi pemindahan jalur trem. Namun, ia memastikan Pemprov DKI akan mengecek jalur trem itu.

“Memang dulu pada jaman Belanda memang ada rel trem. Tentu nanti akan dipindahkan,” kata Riza kepada wartawan, Minggu (26/12).

Riza menyampaikan pihaknya belum memasukkan trem sebagai moda transportasi di Jakarta. Pemprov DKI berfokus membangun moda MRT, LRT, bus Transjakarta, dan angkutan umum.

Meski demikian, Riza tidak menutup kemungkinan menghidupkan kembali trem di Ibu Kota. Dia menyebut DKI akan mengkaji kemungkinan tersebut.

“Nanti kita akan liat ke depan ya apakah nanti dibutuhkan ke depan,” tutur Riza.

Sebelumnya, warganet dihebohkan dengan penemuan jalur trem peninggalan Belanda. Rel trem itu ditemukan dalam pembangunan MRT Jakarta Fase 2A Glodok-Kota.

Rel itu terlihat masih utuh di balik beton yang baru saja dibongkar. Warganet berspekulasi bahwa jalur trem itu merupakan bagian sejarah pendirian Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD).[prs]

  • Bagikan