Bambang Pacul: Jangan Pilih Capres Atas Dasar Survei

bambang

Realitarakyat.com – Ketua DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul mengatakan jangan memilih calon presiden (capres) berdasarkan hasil survei. Bambang mengklaim memilih capres berdasarkan survei bisa keliru.

“Kalian itu janganlah memilih seorang pemimpin atas dasar survei. Ini aku berbeda nih. Kalau kamu mau memilih pemimpin atas dasar survei, kamu nanti keliru, kamu ditipu dengan persepsimu. Gitu loh,” kata Bambang di Kabupaten Boyolali, Rabu (19/1).

Bambang menyebut dalam memilih calon pemimpin harus melihat rekam jejak. Ia pun mengibaratkan rekam jejak itu kapasitas mesin alias cubicle centimeter (cc).

“Kapasitas itu cc, kecerdasan. Ngurusi negara dengan 17 ribu lebih pulau dalam situasi hari ini, kalau cc-nya rendah itu, ya ibaratnya cc Suzuki Carry. Lha dalane mbletok sitik macet (jalannya jelek sedikit macet). Kan gitu loh, janganlah begitu,” ujarnya.

Saat ditanya soal capres PDIP, Bambang menyebut hal itu merupakan kewenangan dari Ketua Umum PDIP Megawai Sukarnoputri. Menurutnya, hingga saat ini Megawati belum menentukan capres yang bakal diusung dalam Pilpres 2024.

“Jadi tidak ada sekarang ini caprese sapa? (capresnya siapa?) Tidak ada. Belum ada (capres) PDIP,” katanya.

Lebih lanjut, ketua Bappilu DPP PDIP itu pun mengingatkan perlunya dukungan parpol untuk maju Pilpres, bukan cuma unggul di survei. Namun, ia tak memerinci siapa yang dirinya maksud.

“Surveinya tinggi pak ini. Lha duwe partai ora (punya partai enggak)? Wong kita sudah ada aturannya kok. Meski kita punya hak dipilih dan memilih tapi ada aturan. Nek pengin jadi capres yang didukung partai atau gabungan partai,” katanya.[prs]