FIFA Ancam Coret Rusia dari Piala Dunia 2022

  • Bagikan
FIFA Ancam Coret Rusia dari Piala Dunia 2022
ilustrasi /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – FIFA mengancam mencoret Rusia dari Piala Dunia 2022 menyusul invasi ke Ukraina. Ancaman itu membuat Rusia semakin tersudut di dunia olahraga.

Meski FIFA hanya memberi hukuman ringan terhadap Rusia terkait playoff Piala Dunia 2022 meski ada boikot dari Polandia dan Swedia, otoritas sepak bola tertinggi di dunia itu tetap memberi ancaman serius terhadap Rusia.

Dalam pernyataan resmi tiga hukuman ringan untuk Rusia karena invasi ke Ukraina hanya bersifat sementara. FIFA memastikan Rusia bisa dicoret dari kompetisi internasional, termasuk Piala Dunia 2022 di Qatar.

“FIFA akan terus melakukan dialog dengan IOC, UEFA dan organisasi olahraga lainnya untuk menentukan hukuman tambahan, termasuk potensi mencoret [Rusia] dari kompetisi [Piala Dunia 2022] bisa dilakukan dalam waktu dekat jika situasi tidak membaik,” demikian pernyataan resmi FIFA.

“Biro Dewan FIFA dalam posisi siaga untuk mengambil keputusan kapanpun,” sambung pihak FIFA setelah memberi tiga hukuman kepada Rusia.

Tiga hukuman FIFA untuk Rusia adalah larangan menggelar pertandingan kandang di wilayah mereka. Kedua timnas Rusia harus menggunakan nama RFU (Asosiasi Sepak Bola Rusia) bukan Rusia. Dan terakhir penggunaan bendera dan lagu kebangsaan Rusia dilarang.

Terkait playoff Piala Dunia 2022 antara Rusia vs Polandia, FIFA memastikan hingga saat ini masih berjalan sesuai rencana meski ada boikot dari Polandia dan Swedia.

Polandia dan Swedia telah menyatakan menolak melawan Rusia pada playoff Piala Dunia 2022 pada 24 dan 28 Maret mendatang. (ndi)

  • Bagikan