Warga Sulut Diimbau Waspadai Gelombang Tinggi Hingga 1 Maret

  • Bagikan
BMKG
Ilustrasi /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat mewaspadai potensi gelombang tinggi yang berpeluang terjadi di perairan utara Sulawesi Utara dan sekitarnya hingga 1 Maret 2022.

“BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi hingga tanggal 1 Maret 2022,” sebut Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Andi Cahyadi di Manado, Ahad (27/2).

Dia menjelaskan umumnya angin bertiup dari barat laut – timur laut dengan kecepatan 6 – 20 knot per jam.

Sementara kecepatan angin tertinggi berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian timur, perairan Kepulauan Sangihe serta Laut Maluku.

Tinggi gelombang 1,25 – 2,5 meter berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan Kepulauan Sangihe.

Selanjutnya, perairan Kepulauan Sitaro, perairan Bitung – Likupang, perairan Selatan Sulawesi Utara serta Laut Maluku bagian selatan.

Sementara, tinggi gelombang 2,5 – 4,0 meter berpeluang terjadi di perairan utara Kepulauan Sangihe, perairan Kepulauan Talaud serta Laut Maluku bagian utara.

“Masyarakat dan kapal-kapal yang melakukan aktivitas di daerah yang tercantum dalam daftar/area peringatan dini di atas harap mempertimbangkan kondisi tersebut,” katanya.

  • Bagikan