Kamrussamad Tantang Calon DK OJK Mirza Adityaswara Mundur Jika Gagal Tuntaskan Kasus Nasabah

  • Bagikan
kamrussamad
Anggota Komisi XI DPR RI Fraksi Gerindra Dapil DKI Jakarta, Kamrussamad. //Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Anggota Fraksi Gerindra Komisi XI, Kamrussamad, menuntut calon pimpinan Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Mirza Adityaswara untuk siap mundur jika gagal menyelesaikan permasalahan para nasabah.

Kamrussamad merasa khawatir jika Mirza yang sempat menjabat sebagai Anggota Dewan Komisioner OJK periode 2015-2019 Ex-Officio dari BI, terulang kembali masalah pembobolan Jiwasraya.

“Pada tahun 2015 dibiarkan terjadi sampai meledak kasus Jiwasraya 2019-2020 merupakan puncak permasalahan jiwasraya,” ungkap Kamrussamad dalam tea uji kelayakan di DPR, Rabu (6/4)

Menurutnya Jiwasraya adalah kasus pengumpulan dana melalui Industri Keuangan Non Bank (IKNB), yang kemudian berinvestasi di pasar modal dengan tidak menerapkan good governance.

Apalagi berdasarkan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) masih ada banyak masyarakat yang terlibat dalam kasus-kasus serupa. Seperti ada 2 juta lebih nasabah Bumiputera, 26 ribu nasabah WanaArtha dan 7 Bank yang telah melanggar batas maksimum pemberian kredit (BMPK), kecukupan modal, serta penyalahgunaan kewenangan pemberian kredit.

Kamrussamad pun meminta kepada Mirza untuk siap mundur apabila transformasi visi misi yang disampaikan tidak terwujud dari segi pengawasan, pengaturan, pembinaan bagi industri serta perlindungan konsumen.

“Saya meminta kepada saudara Mirza Adityaswara Calon Pimpinan DK OJK siap mundur, jika terpilih, apabila transformasi visi misi yang di sampaikan hari ini tidak bisa di wujudkan,” tandas Kamrussamad.[prs]

 

  • Bagikan