Nadiem Makarim Ajak Masyarakat Gunakan Beasiswa Pendidikan

  • Bagikan
Nadiem Makarim Ajak Masyarakat Gunakan Beasiswa Pendidikan
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudrisetk), Nadiem Anwar Makarim /NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengajak masyarakat memanfaatkan Beasiswa Pendidikan Indonesia yang sudah dibuka.

“Saya mengajak semua pelajar, pendidik serta pelaku budaya untuk memanfaatkan kesempatan ini,” ujar Nadiem, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (14/4/2022).

Beasiswa Pendidikan Indonesia merupakan tindak lanjut dari kebijakan perluasan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang diluncurkan melalui Merdeka Belajar Episode Kesepuluh.

Pada tahun 2022, Beasiswa Pendidikan Indonesia diberikan kepada lebih dari 3.000 penerima beasiswa baru untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

“Kami akan terus meningkatkan jumlah penerima beasiswa agar semakin banyak masyarakat Indonesia yang menerima manfaat dari beasiswa pendidikan Indonesia,” kata dia.

Perluasan beasiswa LPDP memberikan kesempatan bagi peningkatan kapasitas melalui program gelar dan nongelar. Melalui program ini, pemanfaatan Dana Abadi Pendidikan yang dikelola oleh LPDP dapat menjangkau sasaran yang lebuh luas, beragam dan tepat sasaran.

“Selain untuk pendidikan gelar, Beasiswa LPDP sekarang mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa, guru, dosen dan tenaga kependidikan melalui program non-degree atau yang biasa disebut sebagai program microcredential,” jelas Nadiem.

Terobosan yang dilakukan oleh Kemendikbudristek melalui program perluasan beasiswa LPDP adalah dengan mendobrak batasan-batasan dalam program beasiswa yang ada sebelumnya.

“Program ini tidak hanya diberikan untuk jenjang Pascasarjana, melainkan untuk mahasiswa jenjang S1, seniman dan pelaku budaya pun bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi,” tambah Nadiem.

Semua Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan dapat mengikuti Beasiswa Pendidikan Indonesia. Terutama siswa dan mahasiswa berprestasi, guru, dosen, tenaga kependidikan, dan pelaku budaya.

Kemendikbudristek juga selalu berkomitmen penuh untuk menjaga ketersediaan dana dan keberlangsungan program beasiswa ini demi mewujudkan cita-cita bersama, yakni SDM Unggul Indonesia Maju.

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan dan pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia dapat ditemukan di laman beasiswa.kemdikbud.go.id. (ndi)

  • Bagikan