Satpol PP Bakal Sanksi Tegas Pihak yang Mobilisasi Pengemis Datang ke Jakarta Saat Ramadan

  • Bagikan
Korban Eksploitasi, ppks, Pengemis
Pengemis di Jembatan Penyeberangan. (Ist)
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta menyiapkan sanksi tegas bagi pihak yang memobilisasi pengemis ke Jakarta saat Ramadan 1443 Hijriah.

“Sanksinya itu pidana kurungan paling lama 90 hari dan denda setinggi-tingginya Rp30 juta,” kata Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin saat dihubungi wartawan di Jakarta, Jumat (1/4).

Hal ini diungkapkan Arifin menyusul penilaian Satpol PP DKI Jakarta yang melihat adanya aktor terkait ramainya Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) termasuk pengemis saat Ramadan.

Penilaian ini, menurut Arifin, berangkat dari aduan masyarakat yang mengindikasikan ada pihak yang memobilisasi warga daerah untuk menjadi pengemis di Jakarta selama Ramadan.

“Ada laporan dari masyarakat kalau indikasi seperti itu. Kalau ada yang mengetahui bahwa pengemis itu dimobilisasi dan masyarakat tahu, dilaporkan di Satpol PP,” kata Arifin.

Di sisi lain, Arifin menyebutkan, Satpol PP DKI Jakarta juga bakal memberikan sanksi kepada para PMKS yang memanfaatkan bulan Ramadan seperti yang sudah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 pasal 40.

“Itu larangan untuk melakukan aktivitas mengemis. Tentu juga dapat dikenakan sanksi,” katanya.

Adapun sanksi yang dijatuhkan kepada PMKS termasuk pengemis yang melakukan aktivitas pada Ramadan, yakni dikenakan pidana kurungan paling lama 60 hari.

“Dapat dikenakan sanksi pidana kurungan, paling lama itu 60 hari. Sedangkan kalau dikenakan sanksi denda itu maksimal 20jt rupiah,” tutur Arifin.

Mengingat kebiasaan mengemis selama Ramadan yang cenderung menjadi kebiasaan, Arifin menyatakan, pihaknya akan melakukan edukasi terhadap para pengemis yang terjaring dan masyarakat.

“Saat ini harus dialihkan dari kebiasaan memberikan secara langsung kepada pengemis di jalan,” kata Arifin.

Kepada para pengemis, pihaknya akan melakukan edukasi sebelum mereka dijatuhi sanksi pidana dan denda.[prs]

 

  • Bagikan