Wamendag Apresiasi Sinergi Kementerian dan Pemda dalam Jaga Pasokan Bahan Kebutuhan Pokok

Realitarakyat.com – Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengapresiasi kerja sama dan sinergi lintas kementerian dengan pemerintah daerah dalam menjaga pasokan bahan kebutuhan pokok pada selama Ramadhan hingga hari raya Idul Fitri.

Demikian dikatakan Wamendag saat melakukan kunjungan di Pasar Lama Kota Serang dengan didampingi Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy.

Wamendag menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian serta kementerian teknis lain seperti Kementan dan Kemenperin, juga lembaga-lembaga lain atas upaya gigihnya dalam menjamin pasokan dan keterjangkauan bahan pokok masyarakat di momen besar keagamaan dan budaya ini.

“Pemerintah bekerja keras agar masyarakat bisa menjalankan ibadah puasa dan merayakan Lebaran dengan tenang,” ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (16/4).

Berdasarkan hasil pantauan di Pasar Lama, Serang, Banten, harga beras premium tercatat Rp12.000/kg, beras medium Rp10.000/kg, cabe merah keriting 30.000-40.000/kg, dan cabe merah besar 30.000-40.000/kg.

Wamendag menyatakan ketersediaan bahan pokok di Provinsi Banten relatif sangat terjaga karena peran besar dari Pemerintan Provinsi Banten.

“Kita apresiasi Pemprov Banten berhasil menjalin sinergi dengan Pemerintah Pusat maupun stakeholder terkait seperti pengusaha dan kelompok masyarakat sehingga bahan-bahan pokok di Banten relatif aman,” katanya.

Sementara itu sejumlah pedagang memberikan apresiasi kepada Kementerian Perdagangan dan Pemerintah Daerah Banten serta Kota Serang karena pasokan pada saat Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri terhitung aman.

Menurut Mansur, pedagang telor di Pasar Lama, pasokan yang aman menjamin kepastian usaha mereka sehingga mereka bisa berdagang dengan lebih tenang.

“Alhamdulillah sekarang pasokan ada terus untuk bahan pokok seperti minyak, telur, gula dan lain-lain. Jadi, kita jualannya enak, belanja harganya sudah lebih pasti,” katanya.[prs]