Ciptakan Generasi Berkualitas, Dinas P2KB3A Matim Gelar Pemilihan Duta GenRe

  • Bagikan
Ciptakan Generasi Berkualitas, Dinas P2KB3A Matim Gelar Pemilihan Duta GenRe
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Siswa SMAN 1 Poco Ranaka, Kecamatan Lamba Leda Selatan, Sulfikar Saputra dan Yanuaria Andini Hatu terpilih sebagai duta Generasi Bencana (GenRe) 2022 Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.

Pemilihan duta GenRe ini diselenggarakan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB3A) Manggarai Timur
di Sentra IKM Rana Tonjong, Kelurahan Rana Loba, Kecamatan Borong pada Sabtu, 27 Mei hingga Minggu 28 Mei 2022.

Pemilihan duta GenRe ini diikuti 12 peserta, dari hasil seleksi tim juri menyatakan, Sulfikar Saputra dan Yanuaria Andini Hatu terpilih terpilih jadi peserta terbaik dan akan melaju ke tingkat Propinsi Nusa Tenggara Timur di Kupang.

Kepala Dinas P2KB3A Alexander Kantar mengatakan kegiatan pemilihan duta GenRe bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan pemberian akses informasi, pendidikan dan konseling kesehatan reproduksi, gizi dan perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

Karena itu, dia mengharapkan dengan pemilihan duta GenRe dapat menjadi figur dan contoh bagi para remaja lainnya untuk menjadi generasi berencana yang berkualitas.

“Untuk itu, para remaja diharapkan mampu menunda usia perkawinannya di usia muda, dengan mempersiapkan segalanya atau dengan merencanakan perkawinan dengan matang,” kata Kadis Alex saat diwawancarai wartawan.

Menurut dia, untuk menjadi remaja berkualitas maka dibutuhkan perencanaan termasuk harus memiliki rencana kapan harus berkeluarga. selain itu juga duta GenRe diharapkan dapat berbagi wawasan, pengetahuan dan ikut mengedukasi remaja.

“Bagi kami, semua peserta atau duta GenRe yang ada saat ini, sudah tergabung menjadi agen BKKBN. Artinya, mereka menjadi perpanjangan tangan kami, sehingga bisa membantu BKKBN mewujudkan visi misi BKKBN ke depan,” ujar Alex.

Pada kesempatan sama, Ketua Panitia Pemilihan duta GenRe Afrianus Retno Budi mengatakan, sebanyak 6 sekolah yang mengikuti kegiatan tersebut, yaitu, SMAN 1 Poco Ranaka, SMAK Pancasila Borong, SMA 2 Borong, SMK Tiara Nusa Borong, SMAN 9 Borong, dan Madrasah Aliyah Borong.

“Pada kegiatan ini, masing-masing sekolah mengutus dua peserta.
nantinya akan diuji oleh tim juri provinsi bagi duta terpilih juara duta GenRe Manggarai Timur tahun 2022,” kata Afri kepada wartawan.

Dia menambahkan, untuk lomba tingkat provinsi nantinya, Duta GenRe terpilih dari Kabupaten Manggarai Timur, akan mengikuti test wawancara dan mempresentasikan makalah melalui virtual meeting.

Ada 4 isu yang dibawakan oleh peserta dalam kegiatan ini yaitu, tentang penikahan dini, seks pranikah, Napza (narkotika, alkohol, psikotropika dan zat adiktif lainnya) yang berkaitan dengan stunting dan Covid-19.

“12 peserta yang mengikuti lomba ini akan menjadi pengurus forum GenRe Kabupaten Manggarai Timur,” katanya.(Afren P)

  • Bagikan