Peramal Sebut Anak Ridwan Kamil Akan Ditemukan Meninggal, SA Institut: Itu Hoax dan Tak Punya Simpati

  • Bagikan
Peramal Sebut Anak Ridwan Kamil Akan Ditemukan Meninggal, SA Institut: Itu Hoax dan Tak Punya Simpati
Direktur Solusi dan Advokasi Institut (SA Institut), Suparji Ahmad/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Direktur Solusi dan Advokasi Institut (SA Institut), Suparji Ahmad menyoroti adanya salah satu peramal yang mengklaim anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz akan ditemukan meninggal. Peramal tersebut juga mengklakm sudah dan sudah berbicara dengan roh Eril.

Menurut Suparji, apa yang dilakukan peramal tersebut menunjukkan sikap tidak empati dengan penderitaan keluarga Ridwan Kamil.

“Itu tidak etis, karena dapat melukai perasaan keluarga yang lagi ditimpa musibah. Disamping itu mendahului ketentuan Allah SWT, itu juga menimbulkan emosi dan perpecahan di masyarakat serta menisbikan kredibilitas petugas,” kata Suparji dalam siaran persnya, Senin (30/5).

Ia juga menyebutkan bahwa pernyataan peramal tersebut bisa dikategorikan sebagai berita bohong. Maka jika apa yang disampaikan tidak dapat dipertanggungjawabkan, bisa menyeret peramal itu ke ranah hukum.

“Informasi ini dapat dikategorikan hoax, seandainya keadaanya tidak sesuai dengan kenyataanya, Hal ini dapat meresahkan diĀ  masyakat dan menimbulkan keonaran, informasinya sesat menyesatkan,” tuturnya.

Pria yang juga Guru Besar Ilmu Hukum ini menekankan pihak kepolisian bisa segera turun tangan mengatasi persoalan ini. Sebab, informasi tersebut bisa menyesatkan masyarakat.

“Polisi harus segera menghentian penyebaran berita tersebut, harus melakukan tindakan karena meresahkan masyarakat,” tuturnya.

Di sisi lain ia berpesan kepada masyarakat agar tidak mudah memberikan statemen yang dapat mengganggu upaya pencarian Eril. Masyarakat, kata dia, harus bijak memberikan pernyataan dan peduli terhadap kondisi keluarga.

“Kita semua harus menahan diri untuk memberikan statemen yang kontraproduktif terhadap pencarian Eril. Bagi masyarakat di Indonesia cukup dengan mendoakan yang terbaik agar bisa ditemukan dalam kondisi selamat,” pungkasnya.[prs]

  • Bagikan