Menko Marves Mengharapkan Ada Dampak Ganda dari Pengembangan Destinasi Aerowisata Banyuwangi

luhut

Realitarakyat.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengharapkan dampak ganda dari pengembangan destinasi aerowisata dan pelaksanaan G-Land Banyuwangi yang jadi lokasi World Surf League (WSL) 2022.

Dalam kunjungannya ke Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (4/6), Luhut juga berharap kedua gelaran tersebut bisa mendorong perputaran ekonomi dan devisa negara terhadap potensi pariwisata, olahraga, serta ekonomi kreatif yang ada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur dan Indonesia secara luas.

Di Bandar Udara Banyuwangi, Luhut meresmikan proyek kolaborasi antara Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi. Prosesi peresmian destinasi aerowisata atau yang kerap disebut joyflight tersebut menjadi salah satu upaya untuk mendukung pengembangan paket wisata daerah menggunakan seaplane.

“Paket ini adalah yang pertama di Indonesia dan menjadi salah satu sarana untuk meningkatkan jumlah wisatawan di Banyuwangi dan memberikan kepuasan wisata alam bagi mereka,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (4/6).

Program ini juga memiliki berbagai rute tur yang dapat dipilih oleh wisatawan. Luhut berharap wisata di Banyuwangi bisa jadi contoh untuk bagi wilayah lainnya.

“Paket aerowisata juga akan mendorong pengembangan wisata sejenis dan menjawab kebutuhan pariwisata antarpulau,” tuturnya.

Luhut melanjutkan perjalanan ke ajang liga selancar bergengsi dunia, yaitu WSL Championship Tour yang digelar di Pantai Plengkung sejak 26 Mei hingga 4 Juni 2022.

“Sebagai negara dengan garis pantai terpanjang kedua di dunia, Indonesia memiliki banyak pantai indah dengan ombak menantang untuk olahraga selancar. Melalui WSL, mari beritahukan kepada dunia bahwa Indonesia adalah tempat terbaik bagi mereka,” katanya.

Luhut juga menengok langsung broadcast area yang dilengkapi dengan fasilitas siaran langsung ke berbagai stasiun televisi di seluruh dunia. Bahkan, dengan total berat alat mencapai 7 ton, engagement streaming G-Land Banyuwangi merupakan siaran acara global terbesar ketiga di dunia setelah Liga Bola Basket Amerika (NBA) dan Liga Sepak Bola Amerika (NFL).

“Dampaknya, Indonesia jadi mampu memperkenalkan negara ke seluruh penjuru dunia,” imbuhnya.

Merespons besarnya publikasi WSL 2022 dan efisiennya ruang siaran, Luhut sepakat bahwa diperlukan promosi yang masif kepada wisatawan dari berbagai negara untuk meningkatkan kondisi perekonomian dalam negeri.

Sama halnya seperti penyelenggaraan MotoGP di Mandalika bulan Maret lalu dan Formula-e yang sedang berlangsung di Jakarta.

“Hebat ini, yang penting seluruh dunia harus tahu kalau ini di Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Menko Luhut juga menyaksikan pertandingan selancar di hari terakhir. Ia menuturkan bahwa Kemenko Marves mendukung secara penuh penyelenggaraan acara ini sebagai upaya peningkatan potensi wisata dan pemulihan perekonomian bangsa, khususnya dalam bidang pariwisata maritim.

Sebagai informasi, G-Land Banyuwangi adalah salah satu dari tiga penyelenggaraan WSL di Indonesia yang diikuti oleh peselancar top dunia. Dua acara lainnya akan dilangsungkan untuk seri kualifikasi di Krui, Lampung pada 11-17 Juni 2022 dan Pulau Nias, Sumatera Utara pada 22-28 Juni 2022.

“WSL dapat menjadi momentum bagi para pemuda Indonesia untuk berkompetisi dan menorehkan prestasi bagi bangsa, khususnya di cabang olahraga selancar,” pungkas Luhut.