Nasdem Dukung Penguatan Kelembagaan Dewan Energi Nasional

  • Bagikan
Nasdem Dukung Penguatan Kelembagaan Dewan Energi Nasional
Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto mendukung penguatan kelembagaan dewan energi nasional, sehingga dapat berperan aktif dalam mendorong pencapaian target bauran energi nasional, dan target net zero emission pada tahun 2060.

Hal itu disampaikan dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi VII DPR RI dengan Kepala Badan Geologi, Balitbang Kementerian Energi dan Sumber daya mineral (ESDM), serta Dewan Energi Nasional Kementerian ESDM, di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (7/6/2022).

Dalam rapat tersebut, memnghasilkan lima butir kesimpulan. Salah satunya
ialah Komisi VII mendorong agar badan tersebut memprioritaskan program yang berkaitan langsung dengan masyarakat.

Ketua Komisi VII DPR RI, Sugeng Suparwoto saat memimpin rapat mengungkapkan ada lima butir kesimpulan yang disepakati dalam RDP Komisi VII DPR dengan beberapa mitra kerjanya tersebut.

Pertama adalah Komisi VII DPR RI mendorong Kepala Badan Geologi, Kepala Badan ESDM dan Sekjen Dewan Energi Nasional Kementerian ESDM RI untuk terus proaktif berkoordinasi dan melibatkan Komisi VII DPR RI dalam pelaksanaan program kegiatan TA 2022.

Termasuk perencanaan revisi peraturan dan yang membatasi, serta dalam menghadapi kendala-kendala yang mungkin dan implementasi program-program di lapangan.

“Kedua, Komisi VII DPR RI mendesak kepala Badan Geologi untuk dapat memprioritaskan program yang berkaitan langsung dengan masyarakat dan kegiatan mitigasi bencana dari semua aspek di seluruh wilayah Indonesia, dalam realisasi anggaran TA 2022 dan RAPBN TA 2023, serta mencarikan solusi ataupun pengganti program bermanfaat lainnya, seperti identifikasi sumber air bersih bagi masyarakat dan kolaborasi pemanfaatannya dengan teknologi tepat guna,” ujar Sugeng.

Dalam kesempatan itu, Komisi VII DPR RI juga mendorong Sekjen atau Eselon I Kementerian ESDM RI yang bertanggung jawab, untuk melakukan langkah-langkah yang perlu. Termasuk konsultasi dan koordinasi dengan komisi VII DPR RI sebagai implikasi dari terbentuknya UPT Balai besar seperti pengaturan kepegawaian, aset prioritas program dan lain-lain tata kelola kelembagaan

Dilanjutkan Politisi fraksi Partai Nasdem ini, Komisi VII DPR RI mendukung penguatan kelembagaan dewan energi nasional, sehingga dapat berperan aktif dalam mendorong pencapaian target bauran energi nasional, dan target net zero emission pada tahun 2060. Mengingat transisi energi adalah salah satu agenda prioritas negara

Mengingat banyaknya pertanyaan dari pimpinan dan anggota DPR RI dalam rapat tersebut, sebagaimana fungsi pengawasan yang melekat di dalamnya, maka Komisi VII DPR juga meminta Kepala Badan Geologi, Kepala Balitbang ESDM dan Sekjen Dewan Energi Nasional kementerian ESDM RI untuk menyampaikan jawaban tertulis atau semua pertanyaan anggota komisi VII DPR RI, dan disampaikan paling lambat 14 Juni 2022. (ndi)

  • Bagikan