Sehari Setelah Dilantik Jadi Mendag, Zulhas Langsung Sidak Harga Kebutuhan Pokok di Pasar

  • Bagikan
Sehari Setelah Dilantik Jadi Mendag, Zulhas Langsung Sidak Harga Kebutuhan Pokok di Pasar
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan kunjungi Pasar Cibubur, Jakarta Timur pada Kamis pagi 16 Juni 2022. Zulkifli yang baru dilantik kemarin, mengecek harga kebutuhan pokok di pasar.

Politikus dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini hadir bersama staff BUMN dan pegawai UD Pasar Jaya. Zulkifli langsung turun meninjau Pasar yang berada di Jakarta Timur.

“Kita tadi melihat harga-harga, saya terus terang¬†shock¬†juga ya karena tadi tuh pembeli ngeluh yang dagang juga ngeluh. Terasa sekali memang beban hidup itu meningkat. Dan itu tadi kita lihat langsung akibat harga bahan pokok yang hampir semua naik kecuali beras,” kata Zulkifli Hasan pada kunker Kamis (16/6).

Zulkifli mengungkapkan banyak sekali pedagang yang mengeluh karena kenaikan harga pokok.

“Cabe saja naiknya hampir 20-30 persen dari 80 ribu cabe rawit merah itu naik 100-110 cabe keriting 95 bawang merah naik 25 persen,” ungkapnya.

Mendengar keluhan pedagang, Zulkifli menyampaikan permasalahannya tidak mudah. Kementerian Perdagangan, kata dia, akan bergerak cepat guna menstabilkan harga di Pasar.

“Kita harus kerja cepat, ini bukan domain Kemendag Saja. Kita bersama Menko koordinasi dengan Pertanian, cabe penyakitnya tiap tahun begitu. Kita ini bisa tanam cabe, saya alhamdulilah tidak pernah beli cabe rawit keriting ijo karena saya nanam,” kata Zulkifli.

Zulkifli akan segera lakukan pembenahan kepada kementerian terkait. Apalagi, ia mengungkapkan kebutuhan masih tergantung pada impor.

“Kita lihat, kita benahi, kita akan menyelesaikan bareng kementerian terkait, ini tidak mudah apalagi pangan yang impor, semisal harga ayam baik, kenapa naik karena pakannya, selain jagung itu ternyata pakannya impor juga. Daging juga pangannya impor, problem utama kita jadi tidak bisa hanya perdagangan saja, kita ketergantungan impor pangan,” ungkapnya.

Zulkifli mengungkapkan bahwa perusahaan seperti BUMN agar segera lakukan penyesuaian harga setelah ada temuan ini. Setelah kunjungan kerja ini, Zulkifli mengungkapkan akan segera melakukan rapat.

“Saya harap perusahaan besar gak keberatan, hanya masalahnya sistem distribusi yang kita pelajari betul mudah-mudahan waktu singkat kita cari jalan terbaik. Setelah dari sini kita akan langsung rapat,” ungkapnya.[prs]

  • Bagikan