Soal Pengganti Zulhas di Posisi Wakil Ketua MPR, 3 Nama Mulai Menguat

  • Bagikan
Soal Pengganti Zulhas di Posisi Wakil Ketua MPR, 3 Nama Mulai Menguat
Zulkifli Hasan jadi Mendag/Antara
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Presiden Jokowi sudah melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang juga Wakil Ketua MPR, Zulkifli Hasan alias Zulhas menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Muhammad Lutfi pada Rabu (15/6). Atas hal tersebut maka akan terjadi kekosongan di posisi Wakil Ketua MPR dari Fraksi PAN.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mengaku ada tiga nama yang menguat untuk menggantikan posisi kepemimpinan yang ditinggalkan Zulhas di MPR.

Menurut Saleh, nama seperti anggota Komisi VII DPR PAN Asman Abnur, Sekjen PAN yang juga Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno dan Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto berpeluang menggantikan Zulkifli.

“Ada beberapa yang sudah menguat, seperti pak Asman Abnur, mas Eddy Soeparno dan mas Yandri yang berpeluang jadi pengganti Pak Zulkifli di MPR,” kata Saleh kepada wartawan.

Kendati demikian, Anggota Komisi IX DPR ini mengaku masih belum mengetahui kapan penggantian itu dilakukan. Hal ini lantaran masih menunggu putusan internal DPP Partai terkait pengganti Zulhas di MPR.

“Tentu kami akan bahas dulu soal pergantian pimpinan MPR di internal partai sebelum diajukan nantinya,” ujarnya.

Teka-teki mengenai siapa menteri yang akan dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada reshuffle Kabinet Indonesia Maju akhirnya terkuak. Jokowi melantik Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto di Istana Negara Jakarta hari ini.

Selain Zulkifli yang menggantikan Muhammad Lutfi, mantan panglima TNI Hadi Tjahjanto juga dilantik sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Hadi Tjahjanto menempati posisi yang sebelumnya ditempati Sofyan Djalil.[prs]

  • Bagikan