Sinergi Lintas Sektor Kunci Hadirkan Kesetaraan Gender

  • Bagikan
Sinergi Lintas Sektor Kunci Hadirkan Kesetaraan Gender
Menteri PPPA Bintang Puspayoga /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengatakan, sinergi lintas sektor serta dukungan antarperempuan merupakan kunci dalam menghadirkan kebijakan inklusif bagi perempuan dan mendorong kesetaraan gender.

“Dibutuhkan kolaborasi lintas sektor dan dukungan antarsesama perempuan dalam menuntaskan isu ketimpangan gender di berbagai macam sektor pembangunan,” ujar Menteri PPPA dalam keterangan di Jakarta, Kamis (28/7).

Berbagai upaya terus dilakukan untuk menghapus ketimpangan gender serta berbagai kemajuan penting dalam kesetaraan gender pun telah dicapai. Namun, ketimpangan gender yang telah mengakar kuat dan bersifat kompleks serta multi-sektoral sehingga sulit untuk benar-benar dihapuskan.

Dia menambahkan keberadaan organisasi perempuan di Indonesia adalah sebuah langkah pergerakan dan perjuangan yang strategis dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dalam menciptakan dunia yang setara bagi perempuan dan juga laki-laki.

Kolaborasi dan sinergi antar-organisasi perempuan pun menjadi sebuah kekuatan baru serta membawa manfaat besar khususnya dalam memperjuangkan kesetaraan gender di Indonesia.

“Keberadaan organisasi perempuan dari akar rumput hingga tingkat nasional menjadi amunisi dan kekuatan baru dalam memperjuangkan kesetaraan gender serta pemberdayaan perempuan. Oleh sebab itu, perlu adanya gerakan kita bersama dari berbagai macam organisasi perempuan untuk saling mendukung, mendorong dan mengawal implementasi kebijakan-kebijakan pemerintah dalam memperjuangkan hak-hak perempuan di Indonesia,” kata Menteri PPPA.

  • Bagikan