Soal Pengganti Tjahjo di Menpan RB, PDIP: Belum, Kita Masih Suasana Berduka

  • Bagikan
jalan
Tjahjo Kumolo/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) di Kabinet Indonesia Maju Tjahjo Kumolo meninggal dunia. PDI Perjuangan mengaku masih berduka karena kehilangan tokoh bangsa dan senior partai.

“Belum (ada pengganti). Kita masih dalam suasana berduka ya, berduka karena Pak Tjahjo ini seorang tokoh yang hidupnya pengabdiannya betul-betul untuk bangsa negara dan senior partai yang benar-benar membantu Ibu Megawati dan membesarkan PDI perjuangan,” kata Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (3/7).

Djarot mengajak seluruh masyarakat untuk berdoa agar almarhum Tjahjo Kumolo diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan. Djarot mengatakan pengganti MenPAN-RB Tjahjo Kumolo itu menjadi kewenangan Presiden Joko Widodo.

“Jadi kita masih dalam suasana berduka, tentu saja kita sadari maklumi bahwa itu adalah kewenangan dari Pak Jokowi, tapi marilah kita berdoa agar Pak Tjahjo itu diberikan tempat terbaik di sisi Tuhan ya dan pada keluarganya diberikan kekuatan ketabahan ya,” kata Djarot.

Djarot mengaku partainya belum mengajukan opsi pengganti Tjahjo Kumolo di kursi MenPAN-RB. PDIP, kata Tjahjo, menyerahkan pengganti Tjahjo Kumolo ke Presiden Jokowi.

“PDI Perjuangan ketika membangun kerja sama kita mendukung pak Jokowi, membangun kerja sama itu tidak pernah dengan opsi-opsi seperti itu, kita serahkan sepenuhnya ya. Jadi kita kerjasamanya bukan kerja sama secara pragmatis ya, kita mendukung Pak Jokowi itu betul-betul mendukung yang total. Jadi pendukung utama Pak Jokowi itu kan PDI Perjuangan ya dan Pak Jokowi itu juga kader dari PDI Perjuangan,” kata Djarot.

“Tetapi kita tidak pernah meminta-minta jatah kita. Serahkan semuanya kepada Pak Jokowi untuk kebaikan negeri ini supaya mereka semua ini para pembantu Presiden itu betul-betul bisa bekerja keras untuk mewujudkan visi misi Pak Jokowi dan membikin warisan legacy yang baik bagi bangsa kita ini termasuk di Kementerian PAN-RB,” imbuhnya.

Untuk diketahui, MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia kemarin Jumat (1/7). Jenazah Tjahjo Kumolo juga sudah dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Jabatan MenPAN-RB untuk saat ini masih dijabat oleh pejabat sementara Mahfud Md. Mahfud ditunjuk sebagai pengganti sejak Tjahjo Kumolo dirawat intensif di rumah sakit.[prs]

  • Bagikan