Surabaya Raih Penghargaan Sistem Merit dari KASN

  • Bagikan
Surabaya Raih Penghargaan Sistem Merit dari KASN
/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kota Surabaya menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Jawa Timur yang meraih penghargaan sistem merit dengan predikat “sangat baik” yang diberikan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Kota Surabaya ini menjadi salah satu instansi pemerintah yang dinilai hasilnya ‘sangat baik’,” kata Komisioner KASN Sri Hadiati Wara Kustriani saat menyerahkan piagam penghargaan yang diterima langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, di Balai Kota Surabaya, Kamis (21/7/2022).

Menurut Sri Hadiati, penghargaan itu diberikan kepada Pemkot Surabaya atas keberhasilan menerapkan sistem merit dalam manajemen aparatur sipil negara.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), kata dia, instansi pemerintah harus menerapkan pengelolaan Sumber Daya Manusia ASN yang berdasarkan sistem merit. Sedangkan tugas KASN adalah melakukan pengawasan penerapan sistem merit di instansi pemerintah itu.

Sri Hadiati mengatakan, berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan timnya, Surabaya berhasil meraih nilai 341,5 dari nilai maksimal 410. Itu artinya, lanjut dia, Kota Surabaya kurang sedikit lagi mendapatkan nilai maksimal dalam penilaian sistem merit ini.

“Nilai itu sudah masuk dalam kriteria sangat baik, memang masih ada beberapa aspek yang harus ditingkatkan lagi supaya maksimal. Mudah-mudahan ini bisa dipertahankan dan bahkan kalau bisa lebih baik lagi di tahun-tahun berikutnya,” kata dia.

Sri Hadiati juga memastikan bahwa di seluruh Indonesia ini hanya ada kurang lebih 18 instansi yang mendapatkan predikat sangat baik. Penilaian itu dilakukan mulai dari tingkat kementerian, lembaga pemerintah non-kementerian, provinsi, dan juga kabupaten/kota.

“Sedangkan di Jawa Timur itu baru dua, yaitu Pemerintah Provinsi Jawa Timur sendiri, dan yang kedua Pemkot Surabaya, sehingga Surabaya menjadi satu-satunya kabupaten atau kota di Jatim yang mendapatkan predikat sangat baik, yang lain masih ada yang predikat baik,” ujar dia.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan terima kasih banyak kepada KASN karena sudah memberikan penghargaan yang luar biasa ini. Menurut dia, keinginan dari KASN itu sesuai dengan cita-citanya sejak awal menjadi Wali Kota Surabaya.

Dia menegaskan, sejak awal dirinya sudah menyampaikan bahwa untuk menjadi pejabat di lingkungan Pemkot Surabaya tidak perlu dekat dan tidak perlu kenal kepada dirinya, tapi harus menunjukkan prestasinya.

“Nah, salah satu dalam sistem merit ini adalah manajemen talenta. Jadi, siapa yang mampu, maka dia yang akan menjadi pejabat,” kata Wali Kota Eri. (ant/ndi)

  • Bagikan