Timnas Indonesia Menang Atas Brunai 7-0, Shin Merasa Masih Perlu Bebenah

  • Bagikan
Timnas Indonesia Menang Atas Brunai 7-0, Shin Merasa Masih Perlu Bebenah
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Pelatih tim nasional U-19 Indonesia Shin Tae-yong mengatakan bahwa skuadnya masih perlu berbenah meski mereka menundukkan Brunei Darussalam dengan skor telak 7-0 pada laga Grup A Piala AFF U-19 2022, Senin (4/7) malam.

Menurut Shin, skuadnya menunjukkan beberapa kelemahan dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, itu, terutama ketika terjadi pergantian beberapa pemain pada babak kedua.

“Pada babak kedua, setelah pergantian pemain, organisasi kami tidak seperti babak sebelumnya. Selain itu, konsentrasi juga menurun,” ujar juru taktik asal Korea Selatan tersebut usai pertandingan.

Indonesia unggul 6-0 atas Brunei Darussalam pada babak pertama. Kemudian, usai jeda, Shin menarik keluar nama-nama andalan seperti Marselino Ferdinan, Ronaldo Kwateh, Arkhan Fikri, Kakang Rudianto dan Hokky Caraka untuk memberikan kesempatan kepada pemain baru.

Akan tetapi, setelah adanya rotasi, performa skuad berjuluk “Garuda Nusantara” tak lagi seganas paruh perdana laga. Mereka pun hanya berhasil melesakkan satu gol tambahan lewat Alfriyanto Nico.

Meski begitu, Shin menolak anggapan yang menyebut bahwa kualitas pemain pada babak pertama dan kedua berbeda. Dia juga tak mau memberikan cap “tim inti” dan “tim cadangan” di skuadnya.

“Secara kualitas, semua pemain sama. Tidak ada pemain yang bagus atau jelek di tim. Itulah kenapa di sini tidak ada pemain inti atau cadangan,” kata pelatih timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Penyerang sayap timnas U-19 Indonesia Ronaldo Joybera Kwateh mengakui bahwa masih banyak yang perlu ditingkatkan dari dia dan rekan-rekannya.

Ronaldo pun berjanji akan tampil lebih baik pada pertandingan berikutnya kontra Thailand, Rabu (6/7).

“Ada beberapa kekurangan yang mesti dibenahi. Semoga kami bisa memperbaikinya agar kami mendapatkan hasil yang baik saat menghadapi Thailand,” kata pesepak bola berusia 17 tahun itu.

Timnas U-19 Indonesia merubuhkan Brunei Darussalam tujuh gol tanpa balas pada pertandingan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Senin (4/7) malam.

Empat dari tujuh gol itu dibuat penyerang Hokky Caraka dan sisanya dilesakkan oleh Ronaldo Kwateh, Arkhan Fikri dan Alfriyanto Nico.

Hasil tersebut membuat Indonesia menduduki posisi kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022, dengan koleksi empat poin dari dua laga.

Vietnam yang berpoin sama harus tergeser ke peringkat ketiga karena kalah selisih gol dari Indonesia.

Thailand bertengger di puncak dengan enam poin dari dua pertandingan, lalu Myanmar keempat (tiga poin, dua laga), diikuti Filipina (nol poin, dua laga) dan Brunei Darussalam di peringkat terakhir (nol poin, dua laga).

  • Bagikan