Bangkitkan Nasionalisme, Mendagri Canangkan 10 Juta Bendera

  • Bagikan
Bangkitkan Nasionalisme, Mendagri Canangkan 10 Juta Bendera
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mencanangkan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih di Kabupaten Merauke, Jumat (12/8/2022). Gerakan ini dalam rangka menybut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Gerakan ini digelar di tiga daerah, meliputi Merauke di wilayah Indonesia Timur, lalu Surabaya di Indonesia Tengah. Dan Kota Banda Aceh di Indonesia Barat.

“Gerakan pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih dari Sabang sampai Merauke ini untuk membangkitkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia. Di seluruh pelosok Tanah Air,” kata Mendagri lewat rilisnya yang diterima , Sabtu (13/8/2022).

Tito pun mengaku bangga dengan kegiatan ini karena mendapat sambutan yang sangat baik dari seluruh masyarakat Papua di wilayah Papua Selatan. “Saya juga sudah melihat langkah-langkah yang dilakukan oleh Bupati Merauke dalam rangka menggelorakan pembagian 10 juta bendera merah putih se-indonesia,” katanya.

Sementara itu, Tito menuturkan bahwa beberapa hari lagi segenap anak bangsa akan memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Untuk itu, ia mengajak seluruh warga untuk mengikuti rangkaian peringatan HUT RI sebagai bentuk rasa nasionalisme dan patriotisme.

“Kita harus bangga, karena bangsa Indonesia adalah bangsa yang unik. Saya sudah jalan lebih hampir 100 negara dan bangsa kita ini adalah bangsa yang berbeda dengan bangsa-bangsa lain, sebab kita satu-satunya negara kepulauan terbesar di seluruh dunia,” katanya.

Tito juga mengaku merasa bangga dengan Papua sebab matahari selalu bersinar dari Timur ke Barat bukan sebaliknya. “Sehingga kita mengikat Indonesia kedalam Bhinneka Tunggal Ika, artinya berbeda-beda tetap satu juga,” katanya.(Din)

  • Bagikan