BULU TANGKIS – Anthony Ginting Tak Kapok Jika Kembali Ladeni Peringkat Satu Dunia

Realitarakyat.com – Pebulu tangkis nasional Anthony Sinisuka Ginting mengaku tidak kapok jika harus kembali meladeni peringkat satu dunia Viktor Axelsen, setelah keduanya tergabung dalam satu pool hasil undian nomor tunggal putra Kejuaraan Dunia 2022 yang dikeluarkan BWF, Rabu.

Ginting, yang tampil sebagai unggulan keenam, menempati pool atas bersama peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu dan berpeluang bertemu di babak perempat final jika sukses melewati tiga babak pendahuluan.

“Kalau soal bertemu Axelsen, pastinya saya mau fokus terlebih dulu melewati pertandingan satu per satu. Semua pemain punya peluang menang,” kata Ginting, dalam jumpa pers virtual, di Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo ini tak mau berlarut-larut melongok pada catatan hitam berupa tujuh kekalahan beruntun yang dialami dari atlet asal Denmark itu, dengan tiga di antaranya terjadi kurang dari satu bulan di Indonesia Masters, Indonesia Open, dan Malaysia Open.

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, Ginting tetap konsisten berlatih dan memperbaiki kekurangannya. Ginting yakin betul bahwa setiap peserta di Kejuaraan Dunia punya peluang yang sama untuk memboyong gelar juara.

“Saya motivasi sendiri, tidak mau memikirkan hasil-hasil sebelumnya. Pengalaman sebelumnya saya jadikan pelajaran, nanti di Tokyo pasti ada kesempatan dan peluang. Tinggal kesiapan saja mana yang lebih baik dan bisa tetap fokus,” ujar Ginting.

Berulang kali ditundukkan Axelsen, membuat Ginting tahu betul kelebihan kompetitornya yang berasal dari Denmark itu. Ia pun menekankan bahwa kekuatan mental menjadi pangkal agar bisa mendulang kemenangan.

“Dia punya postur tubuh tinggi, jadi harus bawa strategi yang pas saat lawan dia. Dia bisa dominan seperti sekarang karena tahu dengan kelebihan dan kekurangannya, makanya sekarang bisa berbeda sekali dibandingkan dulu. Kalau lawan dia saya harus siapkan mental dan siap capek,” katanya. (ndi)