Kata KPU, Dokumen Pendaftaran PKN Dinyatakan Lengkap

  • Bagikan
Kata KPU, Dokumen Pendaftaran PKN Dinyatakan Lengkap
Ketum PKN Gede Pasek Suardika/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan, dokumen pendaftaran yang diserahkan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) sebagai persyaratan menjadi partai politik peserta Pemilu 2024, telah lengkap. Sebelumnya komisi melakukan pengecekan usai partai itu melakukan pendaftaran.

“Hari ini pukul 14.00 WIB, Selasa 2 Agustus 2022 Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) telah mendaftarkan diri dan tadi sebelum pukul 5 sore, kami telah melakukan pengecekan dokumen dan PKN dinyatakan lengkap dokumennya,” ujar Ketua Divisi Bidang Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Idham Kholid dalam konferensi pers, Selasa, (2/8).

Setelah dokumen pendaftaran PKN dinyatakan lengkap, Idham menyebut pihaknya akan melanjutkan prosesnya dengan tahapan verifikasi administrasi. Rencananya, verifikasi administrasi akan dilakukan mulai Rabu, 3 Agustus 2022 pagi.

“Dilanjutkan ke tahapan verifikasi administrasi yang akan kami mulai esok pagi,” katanya. Sebelumnya, rombongan massa dari Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) tiba di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk mendaftarkan diri sebagai peserta pemilu 2024.

Diketahui, PKN mendaftar peserta pemilu 2024, pada Selasa (2/8). Rombongan tiba di gedung KPU sekitar pukul 13.15 WIB menggunakan bus. Mereka nampak mengenakan seragam dengan logo burung garuda dan tulisan PKN. Rombongan massa juga terlihat mengenakan ikat kepala dari beberapa wilayah di Indonesia.

Selain itu, rombongan PKN juga datang dengan diiringi kesenian dari Betawi yaitu ondel-ondel dan alunan musik khas Jawa Barat, angklung. Kepada wartawan, Ketua Umum Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Gede Pasek Suardika menyatakan pihaknya optimis untuk lolos di KPU RI hingga parlemen nasional.

“Kami di PKN itu membuat tiga etape, dari awal partai ini disiapkan kami langsung membuat struktur tiga etape. Pertama, adalah lolos Kemenkumham, kedua adalah lolos KPU RI, dan ketiga kami lolos di parlemen nasional dan daerah,” ujar Gede Pasek kepada wartawan, Selasa, 2 Agustus 2022.

Mantan politisi Partai Demokrat itu mengatakan, pihaknya baru melewati proses penting berupa pendaftaran peserta pemilu di KPU RI. Kata Gede, seluruh data yang diserahkan partainya melalui sipol KPU sudah teramankan dan memenuhi syarat, sehingga bisa dipakai untuk proses administrasi dan verifikasi kedepan. Jika proses di KPU telah berhasil, maka langkah selanjutnya yang disiapkan Pasek dan jajarannya ialah mencanangkan etape ketiga untuk lolos DPR RI dan DPRD.

“Jadi kami selalu berpikir bertahap, tidak mau baru bikin partai besok langsung deklarasi capres a, capres b atau sekian persen kursi kan enggak rasional,” ungkapnya. “Optimisme kami ya dengan membuat etape itu. Jadi orang dengan struktur yang baik, optimisme itu akan terbangun juga karena berangkat dari persiapan yang bagus kan. Kami tadi katakan lolos parlemen nasional, kalau targetnya itu ya artinya pasti terlewati,” jelas pria yang juga pernah menjadi pimpinan di Partai Hanura itu.[prs]

  • Bagikan