Lapas Jakarta-Polda Metro Jaya Berkolaborasi Perangi Narkoba yang Libatkan Warga Binaan

  • Bagikan
Lapas Jakarta-Polda Metro Jaya Berkolaborasi Perangi Narkoba yang Libatkan Warga Binaan
/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Jajaran satuan pengamanan di lembaga pemasyarakatan (lapas) di DKI Jakarta dan Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya berkolaborasi memerangi peredaran narkoba yang melibatkan warga binaan di lingkungan lapas serta rumah tahanan (rutan).

Kepala Satuan Pengamanan Lapas I Cipinang, Sukarno Ali di Jakarta, Selasa (2/8/2022), mengatakan, kolaborasi tersebut diawali dengan kunjungan jajaran pengelola Lapas Cipinang dan Salemba ke Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya.

“Kunjungan kami selaku Kepala Pengamanan Lapas dan Rutan untuk menjalin hubungan dengan aparat penegak hukum (APH) terkait P4GN di lingkungan lapas dan rutan,” kata Ali.

Ali menyebutkan, kunjungan tersebut wujud nyata lapas dan rutan menciptakan tidak ada “handphone”, pungutan liar dan narkoba (zero halinar).

Hal itu, menurut Ali, sesuai komitmen bersama dengan Direktur Keamanan dan Ketertiban atas arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan terkait Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Kepala Satuan Lapas Narkotika Jakarta itu juga menegaskan kunjungan ini sebagai implementasi tiga kunci pemasyarakatan maju ditambah “back to basics” serta mengembalikan tugas pokok dan fungsi pemasyarakatan sebagaimana mestinya.

Kepala Pengamanan Lapas Narkotika Jakarta, Aris Setiyawan menambahkan, kunjungan ke Polda Metro Jaya sebagai wujud deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, pemberantasan narkoba dan sinergi dengan aparat penegak hukum sesuai komitmen Direktur Jenderal Pemasyarakatan.

Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Dony Alexander mengapresiasi pimpinan pengamanan lapas dan rutan di Jakarta yang menjalin silaturahmi dengan Direktorat Reserse Narkoba guna memberantas peredaran gelap narkoba terutama di lingkungan lembaga pemasyarakatan.

Dony menyatakan siap membantu dan berkomunikasi dengan pihak pengelola lapas dan rutan untuk memberantas peredaran narkoba.

“Semoga dari awal adanya komunikasi yang baik antara kapas dan rutan dengan Ditnarkoba Polda Metro Jaya akan selalu terjalin kerja sama dan sinergi dalam perangi narkoba ke depannya,” ujar Dony.

Pada kesempatan itu hadir juga Kepala Pengamanan Rutan Cipinang Anak Agung Gede Joni, Kepala Pengamanan Rutan Salemba Hermanto serta Kanit 5 Subdit 3 Ditresnarkoba Polda Metro Jaya Kompol Ardi. (ndi)

  • Bagikan