Lestari Sebut Akselerasi Pertumbuhan Pelaku Usaha Nasional Harus Didukung Program Terukur

  • Bagikan
lestari
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan akselerasi pertumbuhan jumlah pelaku usaha nasional harus didukung dengan program dan aksi terukur lewat kolaborasi yang kuat dari pemangku kepentingan maupun masyarakat.

“Percepatan pertambahan jumlah pelaku wirausaha di Tanah Air merupakan langkah strategis untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Lestari Moerdijat melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (10/8).

Ia mengatakan Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan pelaku wirausaha muda bertambah dari 3,18 persen menjadi 3,95 persen pada 2024. Target itu bisa diwujudkan dengan penambahan satu juta pelaku wirausaha muda dalam waktu dua tahun.

“Pertambahan jumlah pelaku wirausaha itu ditujukan untuk mendukung persiapan Indonesia menjadi negara maju,” kata dia.

Menurut Lestari, berbagai upaya untuk mendorong perekonomian negara bergerak lebih cepat di tengah goncangan perekonomian global merupakan tantangan yang harus segera dijawab dengan langkah-langkah nyata dan bisa dirasakan masyarakat.

Salah satunya, kata dia. dengan cara melahirkan para pelaku wirausaha muda yang tangguh. Hal tersebut dinilai strategis dan harus didukung semua pihak.

Menurut Rerie, sapaan akrab Lestari Moerdijat, di tengah merebaknya isu keterbatasan sumber daya alam dan komoditas, maka penguatan keahlian dari sisi sumber daya manusia diharapkan mampu menjadi solusi dari sejumlah keterbatasan yang terjadi.

Ia menilai upaya pelatihan kewirausahaan yang melibatkan entitas akademis di perguruan tinggi mampu mendorong lahirnya para pelaku usaha yang tangguh di masa mendatang.

Melalui berbagai riset dan bekal pengetahuan dari para akademisi, papar dia, para pelaku wirausaha muda dapat mengasah keahlian atau kemampuan bisnis secara terukur.

Oleh karena itu, ia berharap dukungan para pemangku kepentingan di pusat dan daerah serta masyarakat dalam mewujudkan percepatan pertambahan wirausaha muda bisa diterapkan.

“Tujuannya agar Indonesia memiliki daya tahan yang lebih baik dalam melalui berbagai ancaman krisis di masa yang akan datang,” ujarnya.[prs]

  • Bagikan