Mendag Cek Ketersediaan Harga Bahan Pokok di Aceh

  • Bagikan
Bahan Pokok
Mendag Zulkifli Hasan. //net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengecek langsung ketersediaan dan harga bahan pokok di pasar terpadu Al Mahirah Kota Banda Aceh, dan memastikan harga kebutuhan bahan pokok di daerah tersebut masih dalam kondisi stabil.

“Secara umum harga bahan pokok stabil. (Stok) minyak goreng banyak, ada di mana-mana,” kata Zulkifli Hasan di Banda Aceh, Jumat (19/8).

Kunjungan Zulkifli Hasan ke Pasar Al Mahirah turut didampingi Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq, sejumlah anggota DPR Aceh serta unsur Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Banda Aceh lain.

Usai memantau pasar, Zulkifli menyebut bahwa harga bahan pokok di Banda Aceh bahkan lebih murah dibandingkan dengan harga bahan pokok di pasar yang ada di Pulau Jawa.

Seperti, kata dia, harga bawang merah di Banda Aceh Rp30 ribu per kilogram, dan harga ini lebih murah dibandingkan di Jawa yang mencapai Rp40 ribu per kilogram.

“Dan ini bawang merah kelas satu, yang bagus,” kata Mendag.

Harga minyak goreng curah juga stabil, yakni Rp13 ribu per liter atau Rp14 ribu per kilogram. Sedangkan harga telur ayam sedikit mahal di Banda Aceh yaitu Rp32 ribu per satu tray, begitu juga harga daging sapi pilihan jRp150 ribu per kilogram.

Bahkan, kata Zulkifli, harga daging ayam di Banda Aceh terlalu murah, yakni antara Rp25-30 ribu per kilogram. Hal ini, menurutnya, akan berdampak buruk bagi para pengusaha ternak ayam.

Jika harga daging ayam di pasar Rp25 ribu per kilogram, maka peternak menjual kepada pedagang pasar kisaran harga Rp15 ribu per kilogram.

“Harusnya paling murah harga ayam RpRp30-35 ribu per kilogram, jadi kalau harga Rp25-30 ribu per kilogram maka rugi peternakan ayam. Nanti kita akan atur agar harga jangan sampai jatuh, agar pengusaha penggemukan ayam tidak tutup,” katanya.

Beberapa harga bahan pokok yang tergolong mahal stabil cabai merah besar Rp70 ribu per kilogram dan cabai hijau besar Rp40 ribu per kilogram. Sedangkan cabai merah kering Rp110 ribu per kilogram, dan tergolong mahal.

Di sisi lain, saat meninjau pasar, Mendag juga memborong sejumlah bahan pokok, kemudian membagikan kepada ibu-ibu yang sedang belanja di Pasar Al Mahirah Banda Aceh.

  • Bagikan