Partai Buruh Optimis Lolos Tahapan Verifikasi Persyaratan Parpol Peserta Pemilu 2024

  • Bagikan
Partai Buruh Optimis Lolos Tahapan Verifikasi Persyaratan Parpol Peserta Pemilu 2024
Presiden Partai Buruh Said Iqbal /net/detik.com
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Presiden Partai Buruh Said Iqbal optimistis Partai Buruh bakal lolos tahapan verifikasi persyaratan partai politik peserta Pemilu 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kami berkeyakinan akan lolos verifikasi KPU,” ujar Said dalam konferensi pers secara daring dipantau di Jakarta, Kamis (11/8).

Said memerinci Partai Buruh telah 100 persen memiliki kepengurusan di 34 provinsi, 86 persen atau 440 kepengurusan di kabupaten/kota, 63 persen atau 4.562 kepengurusan di kecamatan, dan 311.772 kartu tanda anggota (KTA) partai politik yang siap memenuhi verifikasi KPU.

Dengan persentase tersebut, kata Said, Partai Buruh yakin akan lolos tahapan verifikasi sebagai parpol peserta Pemilu 2024 oleh KPU yang penetapan akhirnya pada bulan Desember mendatang.

“Persyaratan KPU dalam verifikasinya, pertama harus ada 75 persen kabupaten/kota dalam satu provinsi, harus ada 100 persen provinsi keberadaan Partai Buruh, dan 50 persen dari jumlah kecamatan dalam satu kabupaten/kota, serta keanggotaan di dalam setiap kabupaten/kota adalah memenuhi persyaratan 1.000 anggota atau 1/1.000 dari jumlah penduduk,” ujarnya.

Said lantas berkata, “Bisa dipastikan tidak ada KTA ganda, bisa dipastikan tidak ada KTA yang tidak penuhi syarat.”

Ia juga berkeyakinan dokumen persyaratan sebagai partai politik peserta Pemilu 2024 yang akan Partai Buruh daftarkan pada hari Jumat (12/8) telah lengkap, sebagaimana unggahan dokumen pada Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Tentu yang tercatat di Sipol KPU tidak semua kami persiapkan untuk verifikasi. Oleh karena itu, kami menyusun kembali, mempersiapkan untuk verifikasi dengan memperhatikan persyaratan KPU,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa tahapan verifikasi Partai Buruh adalah langkah kedua setelah langkah pertama melakukan konsolidasi gerakan atau kongres pada bulan Oktober 2021.

‚ÄúStep ketiga, Partai Buruh tidak muluk-muluk targetnya parliamentary threshold lolos. Kami menggenjot suara sah nasional 4 persen ambang batas parlemen,” kata Said.

Partai Buruh akan mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024 ke KPU pada hari Jumat (12/8) siang dengan melakukan long march karnaval kelas pekerja. Direncanakan karnaval ini diikuti 10.000 kelas pekerja dari beragam latar belakang profesi.[prs]

  • Bagikan