Polres Labuhan Batu gagalkan Penyeludupan Sabu Seberat 25 Kilogram

  • Bagikan
Polres Labuhan Batu gagalkan Penyeludupan Sabu Seberat 25 Kilogram
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com  – Polisi menggagalkan peredaran 25 kilogram (kg) narkoba jenis sabu di wilayah hukum Polres Labuhanbatu.

Hal itu setelah polisi menyelidiki temuan tas berisi sabu oleh nelayan lokal. Polisi pun menangkap 2 tersangka yang sengaja menyimpan sabu untuk diedarkan ke masyarakat.

Kapolres Labuhanbatu, AKBP Anhar Arlia Rangkuti, melalui PA Kasi Humas Iptu Agus E, menyatakan pengungkapan ini bermula dari informasi yang beredar di masyarakat terkait adanya tas berisi narkotika yang ditemukan nelayan di Perairan Sungai Barumun, Tanjung Lumba Lumba, Pantai Timur Pulau Sumatera, pada 22 Juli 2022.

Polisi lalu melakukan penyelidikan dengan memintai keterangan nelayan yang menemukan dan menyita 20 bungkus sabu yang disimpan nelayan tersebut.

Dari hasil penyelidikan itu, pada Minggu, 31 Juli 2022, polisi menetapkan 2 tersangka, yaitu AS alias Agus (37) dan JA alias Jainal (46). Keduanya merupakan warga Desa Sei Merdeka, Kecamatan Panai Tengah, Labuhanbatu.

“Dari pengembangan kedua tersangka ini akhirnya dapat disita lagi 4 bungkus narkotika jenis sabu yang telah disimpan di plastik hitam dengan berat 3.603,34 gram. Kedua tersangka mengakui perbuatannya sengaja mencari tas berisi sabu setelah mendapat informasi dari kawan-kawannya yang berprofesi sebagi nelayan. Lalu setelah berhasil menjaring, menyimpan dan menyisihkan dan dengan tujuan untuk dijual nantinya sebagai modal buat usaha,” kata Iptu Agus, Senin (1/8/2022).

Terhadap kedua tersangka, kata Agus, dipersangkakan Pasal 112 Ayat 2 UU RI No 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.

“Dengan asumsi setiap gram sabu dikonsumsi 10 orang maka lewat pengungkapan ini kita berhasil menyelamatkan 2,5 juta orang generasi muda kita dari pengaruh buruk narkoba,” tuturnya.

Agus menyebut, hingga saat ini pihaknya masih mengembangkan kasus tersebut. Mereka masih menelusuri siap pemilik dan pemasok sabu-sabu tersebut.

“Dalam kasus ini kita sita satu tas sesar warna biru berisi 20 Bungkus sabu berat 19.255,4 netto. Kemudian 1 plastik berisi 4 bungkus sabu seberat 3.603,34 gram netto. Lalu satu plastik klip berisi sabu 2,5 gram netto dan satu unit sampan kayu bermesin dompeng 6 PK serta satu gulung jaring ikan yang digunakan kedua tersangka,” tuturnya.(MT)

  • Bagikan