Pramono Anung Sebut Calon Nama MenPAN-RB Sudah Hampir Mengerucut

Realitarakyat.com – Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyatakan bahwa nama calon Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) sudah hampir mengerucut, untuk mengisi pos yang ditinggalkan mendiang Tjahho Kumolo tersebut.

Nama tersebut nantinya akan dibahas antara Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, meski Pramono belum bisa memastikan kapan pertemuan kedua belah pihak akan dilangsungkan.

“Ya namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Nanti akan dibahas antara Pak Presiden dengan Bu Mega,” kata Pramono kepada wartawan di lingkungan Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (8/8).

Seskab mengingatkan bahwa pengganti mendiang Tjahjo menjadi keputusan bersama antara Presiden sebagai pemilik hak prerogatif dengan mengindahkan masukan dari PDI Perjuangan, mengingat yang digantikan adalah kader partai tersebut.

“Karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan, dan itu juga alokasi untuk PDI Perjuangan,” katanya.

“Nah, kemarin Bu Mega juga baru kembali dari luar negeri, kebetulan ada wisuda putra-putri Bu Puan (Maharani, putri Megawati, red). Tinggal waktunya, dalam waktu dekat ini akan dibahas, tapi nama-namanya sudah ada,” ujar Pramono menambahkan.

Seskab juga menyebut komunikasi antara Presiden Jokowi dan Megawati adalah hal lumrah yang terjadi menjelang perubahan di dalam kabinet.

“Ya seperti biasa, sopan santun dalam kabinet kan seperti itu. Jadi sebelum diputuskan oleh Bapak Presiden, Bapak Presiden mendapatkan masukan dari ketua-ketua umum partai, dan ini memang biasa dilakukan kalau ada reshuffle kabinet,” tuturnya.

MenPAN-RB Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat 1 Juli 2022 setelah menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta, sejak pertengahan Juni.

Semenjak Tjahjo wafat, Presiden Jokowi sempat menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD sebagai MenPAN-RB ad interim diikuti Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menduduki jabatan serupa dengan masa jabatan 4-15 Juli 2022.

Kemudian per 15 Juli, Mahfud ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) MenPAN-RB.[prs]