Sahroni Apresiasi Berdirinya Rupbasan Milik KPK di Cawang

Realitarakyat.com – Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni mengapresiasi berdirinya Rumah Penyimpanan Benda Sitaan dan Barang Rampasan (Rupbasan) di Cawang, Jakarta Timur (Jaktim) karena dapat menjaga nilai barang sitaan KPK.

“Saya sangat mengapresiasi berdirinya Rupbasan Cawang mengingat pentingnya menjaga nilai atas barang sitaan supaya harganya tidak turun,” kata Sahroni dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (10/8).

Hal itu dikatakannya usai menghadiri peresmian berdirinya Rupbasan Cawang, Jakarta Timur, Rabu.

Dia menilai dengan kehadiran Rupbasan Cawang, maka KPK bisa maksimal mengembalikan aset negara. Dia berharap Rupbasan Cawang bisa digunakan semaksimal mungkin oleh KPK maupun lembaga penegak hukum lainnya.

“Pak Firly (Ketua KPK) bilang gedung ini bisa digunakan oleh Kejaksaan maupun kepolisian untuk menaruh barang sitaan. Karena itu, saya berpesan agar penggunaan Rupbasan Cawang bisa dimaksimalkan untuk memastikan kembalinya aset negara,” ujarnya.

Selain itu Sahroni mengaku terpukau dengan kecanggihan Gedung Rupbasan Cawang karena terdapat mesin cuci mobil otomatis sampai panel matahari sehingga menjadi langkah terobosan sangat baik.

Sebelumnya, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengharapkan berdirinya Rumah Penyimpanan Benda Sitaan dan Barang Rampasan (Rupbasan) Cawang, Jakarta Timur (Jaktim) dapat menjaga nilai benda sitaan hasil rampasan dari penanganan perkara korupsi.

Rupbasan Cawang dibangun di atas lahan rampasan dalam perkara atas nama almarhum mantan Bupati Bangkalan, Jawa Timur, Fuad Amin pada 2018. Selanjutnya, pada 2020 KPK melakukan tahapan perencanaan pembangunan rupbasan dengan melibatkan banyak stakeholder. Pada Mei 2021, rupbasan dibangun dengan rencana anggaran sebesar Rp78 miliar dari total pagu anggaran APBN KPK sebesar Rp100 miliar.

Rupbasan Cawang memiliki spesifikasi bangunan empat lantai di atas lahan seluas 7.831 meter persegi. Gedung tersebut mampu menampung 180 slot parkir kendaraan roda empat dengan parkir mekanik, 120 slot parkir kendaraan roda dua, dan 12 slot parkir bus atau truk.

Gedung itu memiliki fasilitas penunjang seperti solar panel, lift kendaraan, lift penumpang, “dumbwaiter, carwash automati”c, “fire alarm and fire fighting”, “zero waste water purification”, dan “ground water tank” (air bersih 230 m3 dan air hujan 100 m3). Selain itu, Rupbasan KPK Cawang dilengkapi dengan ruang barang bukti dan ruang arsip.[prs]