Wakil Wali Kota Eri Ajak Warganya Nonton Film Koesno

  • Bagikan
Film Koesno
Nobar Film Koesno
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wali Kota Surabaya, Jawa Timur, Eri Cahyadi mengajak warganya nonton bareng film dokumenter berjudul “Koesno” atau kisah Presiden pertama RI Soekarno di gedung bioskop XXI Tunjungan Plaza 1 Kota Pahlawan.

“Jadi kita bisa melihat dan mengetahui sejarah, bahwa Bung Karno bukan lahir di Blitar tetapi lahir di Kota Surabaya,” kata Eri Cahyadi usai nonton bareng di Surabaya, Minggu (14/8).

Sekitar seratusan warga yang hadir terlihat sangat antusias saat nonton bareng bersama Wali Kota Eri. Film Koesno sendiri mengisahkan tentang kelahiran, kisah cinta, dan gagasan kebangsaan dari Presiden pertama RI Ir. Soekarno.

Tak hanya itu saja, sebagian warga kaget saat menyaksikan Wali Kota Eri Cahyadi menjadi aktor atau memerankan tokoh sebagai Bapak Proklamator Bangsa. Sebab, gestur dan nada dari dialog Wali Kota Eri sama persis seperti Bung Karno.

Bahkan, sehari sebelum nonton bareng Film Koesno, Wali Kota Eri juga telah mengajak warga Surabaya untuk menyaksikan film dokumenter tersebut yang ditayangkan serentak melalui stasiun TV Nasional atau TVRI dan kanal YouTube Channel TVRI pada 13 Agustus 2022, pukul 11.30 WIB.

Wali Kota Eri yang akrab disapa Cak Eri ini berharap, melalui Film Koesno yang telah disaksikan oleh warga Surabaya ini, bisa mengetahui bahwa founding father Bangsa Indonesia lahir di Kota Surabaya.

“Maka semangat pertempuran dan perjuangan untuk merebut Kemerdekaan RI saat itu, harus terus membara di tangan Arek-Arek Suroboyo. Dulu melawan penjajah untuk merebut kemerdekaan, maka hari ini seluruh stakeholder dan lapisan masyarakat Surabaya, harus berjuang dan bergotong-royong bersama untuk merebut kemerdekaan dari kemiskinan dan pengangguran,” kata Eri.

Salah seorang warga Surabaya Taufik mengatakan, Film Koesno sangat menginspirasi bagi warga Kota Pahlawan. Khususnya, tokoh Bung Karno yang diperankan langsung oleh Wali Kota Eri Cahyadi, mampu mengobarkan semangat juang dalam memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

“Apalagi tokoh Soekarno yang diperankan oleh Pak Eri, sangat keren dan apik. Beliau mampu mempresentasikan bahwa pemimpin besar Bangsa Indonesia itu berasal dari Kota Surabaya,” kata Taufik.

Senada dengan Taufik, Anita warga Kota Surabaya mengaku, bahwa penampilan Wali Kota Eri Cahyadi sangat keren karena mampu memerankan tokoh Bung Karno dengan sangat apik.

“Film ini juga menambah wawasan kita, akting Pak Wali Kota bagus. Scene yang paling menarik buat saya adalah ketika wali kota menjelaskan tempat asli kelahirannya, yakni di Kota Surabaya,” ujar dia.

  • Bagikan