Israel Serang Bandara Damaskus, Lima Tentara Tewas

  • Bagikan
Israel Serang Bandara Damaskus, Lima Tentara Tewas
/NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Israel meluncurkan serangan udara terhadap bandara Internasional Damaskus Suriah dan sejumlah titik lainnya di selatan ibu kota itu sehingga menewaskan lima tentara dan menyebabkan kerusakan, demikian Kementerian Pertahanan, Sabtu (17/9/2022).

Pertahanan udara Suriah berhasil mencegat serangan tersebut dan berhasil menembak jatuh sebagian besar rudal, tulis pernyataan Kemenhan.

Belum ada konfirmasi apakah serangan tersebut berdampak pada operasional bandara.

Israel menggencarkan serangan terhadap bandara Suriah untuk mengacaukan peningkatan penggunaan jalur pasokan udara oleh Teheran untuk mengirim senjata kepada sekutu di Suriah dan Lebanon, termasuk Hizbullah, kata sumber intelijen dan diplomatik regional kepada Reuters.

Teheran memanfaatkan transportasi udara sebagai sarana yang lebih aman untuk mengangkut peralatan militer untuk pasukan dan petempur sekutu mereka di Suriah, menyusul adanya gangguan via jalur darat.

Ratusan ribu orang tewas dan jutaan lainnya mengungsi sejak aksi protes terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad pada 2011 berubah menjadi perang sipil, yang menarik kekuatan asing dan membuat Suriah menjadi wilayah yang terpecah-pecah dalam penguasaan. (rtr/ant/ndi)

  • Bagikan