Lima Kabupaten di Provinsi Kaltim Diperkirakan Bakal Terjadi Hujan Petir Selama 2 Hari

  • Bagikan
Kalimantan Timur, Hujan Petir, BMKG, Hujan
ilustrasi/net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sebanyak lima kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan terjadi hujan petir pada Minggu – Senin (25-26/9), sedangkan lima daerah lainnya diprakirakan cerah, berawan, dan hujan ringan.

“Hujan petir tersebut dapat disertai dengan angin kencang sehingga semua pihak harus waspada terhadap dampak yang bisa ditimbulkan,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Heni Herlina di Balikpapan, Sabtu (24/9).

Dampak dari hujan lebat hingga hujan petir yang dapat disertai dengan angin kencang tersebut antara lain banjir, sungai meluap, jalan licin, pohon tumbang, tanah longsor, dan kemungkinan lain sehingga kehati-hatian harus diutamakan oleh semua pihak.

Peringatan dini terhadap prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di provinsi dan kabupaten terkait agar dilakukan antisipasi untuk meminimalisir dampaknya terhadap masyarakat.

Lima kabupaten yang diprakirakan mengalami peristiwa itu adalah Kabupaten Kutai Barat pada Minggu sekitar pukul 17.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Sendawar, Mook Manaar Bulatn, dan Kecamatan Tering.

Kemudian sekitar pukul 20.00, 23.00 hingga Senin dini hari, hujan petir diprakirakan terjadi di dua kecamatan, yakni Kecamatan Long Iram dan Linggang Bigung.

Untuk Kabupaten Kutai Timur, lanjutnya, pada Minggu sekitar pukul 17.00 wita hujan petir berpotensi terjadi di enam kecamatan, yakni Kecamatan Batu Ampar, Muara Ancalong, Long Mesengat, Muara Bengkal, Telen, dan Kecamatan Teluk Pandan.

Kemudian pada Senin dini hari sekitar pukul 02.00 dan 05.00 hujan petir berpotensi terjadi di tujuh kecamatan, yakni Batu Ampar, Muara Ancalong, Bengalon, Long Mesangat, Muara Bengkal, Rantau Pulung, dan Kecamatan Telen.

Selanjutnya di Kabupaten Mahakam Ulu pada Minggu sekitar pukul 20.00, 23.00 hingga Senin dini hari hujan petir berpotensi terjadi di Kecamatan Laham dan Long Hubung.

Kabupaten Berau pada Minggu sekitar pukul 23.00 wita dan Senin pagi sekitar pukul 05.00 wita, hujan petir diprakirakan terjadi hanya di Kecamatan Pulau Derawan.

“Untuk Kabupaten Kutai Kartanegara, hujan petir diprakirakan terjadi pada Minggu sekitar pukul 17.00 dan 20.00 wita, serta pada Senin dini hari diprakirakan terjadi di Kecamatan Tabang dan Kembang Janggut,” ujar Heni.

  • Bagikan