UMKM Binaan Pemkab Sumenep Ekspor Rumput Laut ke China

  • Bagikan
UMKM Binaan Pemkab Sumenep Ekspor Rumput Laut ke China
/NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melakukan ekspor rumput laut sargassum kering ke China.

Menurut Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Sumenep Chainur Rasyid di Sumenep, Jumat, UMKM melakukan ekspor setelah Pemkab Sumenep mengarahkan para petani rumput laut agar memproduksi sesuai dengan kebutuhan eksportir.

“Sementara ini, rumput laut yang diekspor dikelola oleh petani di Kecamatan Batang-Batang, dan kami berharap ke depan bisa merambah ke kelompok petani lain yang ada di Sumenep ini,” kata Chainur Rasyid.

Menurut dia, rumput laut jenis sargassum atau rumput laut jenis daun lebar yang diekspor ke negara China itu sebanyak 240 ton per bulan.

“Kontrak dengan perusahaan China selama dua tahun dengan pengiriman setiap bulan sebanyak 240 ton,” katanya.

Di Kabupaten Sumenep, kata dia, pemenuhan kebutuhan baku sargassum tidak mengalami kesulitan, karena komoditas itu banyak tumbuh di Kepulauan Kangean, sehingga masyarakat mudah mendapatkannya, apalagi tumbuhnya sangat cepat.

“Sargassum daun lebar tersebar di seluruh perairan Kepulauan Kangean dan pulau lainnya,” kata dia.

Ia mengatakan, rumput laut jenis sargassum yang diekspor ke China itu untuk memenuhi kebutuhan bahan kosmetik dan pupuk.

“Selain rumput laut jenis sargassum, komoditas lain dari Kabupaten Sumenep yang juga telah diekspor ke luar negeri adalah porang,” katanya. (ant/ndi)

  • Bagikan