Puan: Konferensi P20 Hasilkan Komitmen Parlemen Bersama Ciptakan Perdamaian Dunia

  • Bagikan
Puan: Konferensi P20 Hasilkan Komitmen Parlemen Bersama Ciptakan Perdamaian Dunia
Ketua DPR Puan Maharani/Ist
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan pertemuan The 8th G20 Parliamentary Speakers Summit (P20) yang digelar 6-7 Oktober 2022, salah satunya menghasilkan komitmen parlemen negara anggota G20 untuk bersama-sama menciptakan perdamaian dunia.

“Dari hasil diskusi, semua (parlemen) negara G20 dan tamu-tamu dari negara lain yang ikut datang pada kesempatan ini berkomitmen bagaimana kita bisa bekerja bersama menciptakan perdamaian dunia,” kata Puan dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (7/10).

Di samping itu, tambah dia, pertemuan P20 menyepakati bahwa parlemen-parlemen anggota G20 dan tamu-tamu yang hadir berkomitmen memberikan harapan baru bagi dunia bahwa mereka akan mengupayakan dunia diliputi dengan kesejahteraan sosial tanpa adanya perbedaan antara pihak kaya dan miskin.

Puan menyampaikan kesepakatan-kesepakatan itu diperoleh dari pertemuan P20 selama dua hari yang mendiskusikan empat topik pembahasan. Empat topik tersebut adalah ekonomi hijau; ketahanan pangan dan energi; mengefektifkan peran parlemen dan demokrasi; serta inklusi sosial, kesetaraan gender, dan pemberdayaan perempuan.

“(Ada) 19 ketua parlemen dan hampir 59 head of delegations yang hadir pada kesempatan ini,” ucap Puan.

Ia mengatakan hasil dari diskusi tersebut, baik berupa saran, masukan, pendapat, maupun komitmen telah dicatat DPR RI untuk dijadikan sebagai satu kesimpulan.

“Saat ini, semua masukan dan pendapat serta komitmen sudah kami catat. Nanti, akan menjadi satu kesimpulan,” kata Puan.

Adapun kesimpulan itu, lanjut dia, akan dibentuk dalam sesi khusus untuk kemudian disampaikan dalam Forum G20 yang akan diselenggarakan pada November 2022 di Bali.

“Tentu saja ada sesi khusus untuk bisa membuat itu menjadi satu kesimpulan yang nanti akan disampaikan dalam Presidensi G20 yang akan datang,” ujar Puan.[prs]

  • Bagikan