Tugasnya Jadi Gubernur Segerai Usai, Anies Minta Doa ke Warga Kampung Gembira Gembrong

  • Bagikan
Gubernur DKI Anies Baswedan
Anies Baswedan/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta doa kepada warga Kampung Gembira Gembrong, Jakarta Timur lantaran tugasnya di Ibu Kota selesai sebentar lagi. Dia memohonkan doa supaya husnulkhatimah di Jakarta.

“Tanggal 16 besok saya akan tuntas. Saya akan kembali menjadi warga negara,” kata dia di Kampung Gembira Gembrong, Jumat (7/10).

Hari ini Anies meresmikan pembangunan Kampung Gembira Gembrong. Kampung yang berdiri di bantaran Kali Cipinang ini ditujukan untuk warga yang jadi korban dalam kebakaran Pasar Gembrong pada 24 April 2022. Seluruh rumah warga hangus terbakar, kecuali masjid di sana.

Anies dengan menggandeng Badan Amil Zakat Nasional atau Baznas (Bazis) DKI Jakarta lantas membangun kembali hunian warga. Total ada 138 rumah dengan desain dua lantai.

Baznas Bazis juga membangun musala, PAUD, dan posyandu yang jumlahnya masing-masing satu. Menurut Anies, BUMD DKI pun menyediakan toilet dan septic tank komunal.

Menjelang lengser dari DKI 1, Anies meminta izin agar boleh mampir lagi ke Kampung Gembira Gembrong di lain waktu. Dia bercerita dulu kerap menyambangi masjid di sana sebelum insiden kebakaran.

“Nanti kalau lagi longgar, keliling, saya mampir. Siapa tau kita bisa salat magrib sama-sama lagi di depan,” ujar dia.

Warga Kampung Gembira Gembrong Diminta Jalani Pola Hidup Sehat

Warga yang nantinya tinggal di Kampung Gembira Gembrong diharapkan bisa menjalani pola hidup sehat. Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan warga korban kebakaran Pasar Gembrong itu bisa meninggalkan pola hidup lama yang kurang sehat dengan menempati hunian baru hasil revitalisasi.

“Warga setelah menempati harus ada aturan di situ, harus ada kedisiplinan,” kata Muhammad Anwar seperti dikutip dari Antara, Rabu, 28 September 2022.

Anwar menambahkan, kawasan Kampung Gembira Gembrong yang telah dibangun itu dibuat asri, bersih dan sehat, sesuai edukasi yang diberikan pihak terkait.

Anwar mengatakan, warga korban kebakaran Pasar Gembrong yang ditampung di tempat sementara yang berada di Rusun CBU (Cipinang Besar Utara) juga diedukasi, diberi pembinaan dan pemberdayaan oleh UKPD terkait.[prs]

  • Bagikan