Ini Harapan Menko PMK Usai Terpilihnya Kembali Haedar Jadi Ketua PP Muhammadiyah

  • Bagikan
target DBON, Menko PMK, cegah
Menko PMK Muhadjir Effendy /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berharap, Muhammadiyah dapat ikut andil dalam memajukan perekonomian Tanah Air.

Kemiskinan, kata dia, saat ini masih menghantui kehidupan umat dan bangsa. Kondisi ini kian mengkhawatirkan dengan banyaknya industri padat karya yang melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawannya karena mengalami penurunan produksi. Sehingga dikhwatirkan menambah jumlah warga miskin baru di Indonesia.

“Karena ruh-nya Muhammadiyah ini adalah jaringan bisnis dan ekonomi. Bahkan Kiai Ahmad Dahlan juga seorang saudagar. Maka itu saya harap ada agenda ke depan untuk memajukan ekonomi kita,” kata Muhadjir melalui keterangan tertulisnya, Minggu (20/11/2022).

Dia menambahkan, Indonesia masih memiliki ketahanan pangan yang kuat, karena tidak terlalu bergantung pada pasokan pangan dari luar negeri.

Kendati demikian, Muhadjir tak membantah, bila Indonesia juga tengah dihantui oleh kondisi ketidakpastian global akibat adanya konflik Rusia-Ukraina. Meskipun, sejauh ini Indonesia masih cukup beruntung dibandingkan negara lain karena masih mampu menjaga inflasi di bawah 5 persen.

Sebab itu, ujarnya, Indonesia harus tetap waspada dengan kondisi dunia saat ini. Karena, konflik Rusia-Ukraina menyebabkan beberapa negara mengalami krisis energi dan pangan.

“Kita syukuri, arahan Presiden untuk melaksanakan program food estate kemudian mendorong upaya untuk swasembada pangan melalui berbagai subsidi termasuk pemanfaatan bantuan dana desa dapat memperkuat ketahanan pangan kita,” katanya. (ndi)

  • Bagikan