Lembah Hitam Menjadi Tantangan Peserta Kejuaraan Motor Trail Uncle Hard Enduro

  • Bagikan
Uncle Hard Enduro
Kejuaraan motor trail Uncle Hard Enduro/NET
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Sebuah bukit diberi nama Lembah Hitam menjadi tantangan ekstrim yang harus ditaklukkan peserta kejuaraan motor trail bertaraf internasional Uncle Hard Enduro di Kiram Park Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan pada 25–27 November 2022.

“Ada dua bukit yang jadi tantangan para rider kelas internasional, yakni, Bukit Perahu dan bukit yang diberi gelar Lembah Hitam,” ujar Ketua Panitia Uncle Hard Enduro Kalsel 2022, Waluyo, Kamis (24/11).

Jika Bukit Perahu hanya sekitar 1 kilometer untuk jalur lintasannya, tapi untuk Lembah Hitam itu sekitar 6 kilometer.

“Kalau dari bawah kita liat jalannya terlihat biasa, sebenarnya memiliki tantangan yang luar biasa,” ungkapnya.

Dia memastikan, para rider tidak mudah untuk menaklukkan lintasan di Lembah Hitam tersebut dengan kecepatan tinggi, sebab tidak hanya memiliki tanjakan cukup tinggi , tapi banyak tikungan ditambah bebatuan bagian rintangannya.

“Para rider pasti merasakan bagaimana sensasinya bukit Lembah Hitam,” tutur Waluyo.

Waluyo menyampaikan, bahwa kesiapan penyelenggaraan Uncle Hard Enduro Kalsel sudah hampir 100 persen, bahkan untuk seluruh lintasan sekitar 20 kilometer bagi kelas internasional, nasional dan lokal.

“Selain itu ada kelas adventure yang jarak lintasannya disiapkan sekitar 50 kilometer, dengan tantangan yang asik dan pemandangan yang indah,” ujarnya.

Waluyo kembali menyatakan, Uncle Hard Enduro Kalsel 2022 gratis bagi masyarakat untuk menonton langsung.

Saat inipun, ungkap dia, para rider internasional atau luar negeri yang terbaik di negaranya sudah berdatangan, demikian juga para rider nasional dan lokal, Uncle Hard Enduro siap diselenggarakan.

Termasuk kesiapan panggung utama akan adanya konser Iwan Fals pada Sabtu malam.

Sebagaimana disampaikan sebelumnya, Uncle Hard Enduro ini tidak lepas dari dukungan besar Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor yang lebih akrab disapa Paman Birin.

“Karenanya kejuaraan ini disebutnya Uncle Hard Enduro, sebab Paman Birin jadi ikonnya, demikian juga mantan juara dunia motor trail Graham Jarvis,” ujar Waluyo.

  • Bagikan