Sandiaga Klaim Siapkan Kota Palembang Jadi Pusat Pengembangan Pariwisata Berbasis Olahraga Nasional

  • Bagikan
sandiaga
Menparekraf Sandiaga Uno/Net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno menyatakan saat ini Kota Palembang, Sumatera Selatan sedang disiapkan untuk menjadi pusat pengembangan pariwisata berbasis olahraga nasional.

Menurut Sandiaga, dorongan itu salah satunya dilakukan dengan menunjuk Palembang sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Pariwisata Nasional (Poparnas) 2022.

Pihaknya mencatat ada sebanyak 385 peserta dalam gelaran Poparnas 2022 sekaligus pertama di Indonesia yang diselenggarakan Politeknik Pariwisata 19 November – 22 November di Palembang.

Para peserta tersebut meliputi kalangan mahasiswa ilmu kepariwisataan nasional yang bertanding memperebutkan piala bergilir Menparekraf untuk cabang olahraga bulutangkis, basket 3×3, tenis meja, futsal, E-sport, seni pencak silat, sport dance competition.

“Palembang ini yang difokuskan mengusung keunggulan di bidang pariwisata berbasis olahraga karena memang ini adalah keunggulannya, untuk itu, selanjutnya, Poparnas tetap akan diadakan di Palembang,” kata dia kepada wartawan di Palembang, Sabtu (19/11).

Sandi menjelaskan, pihaknya mencatat pariwisata olahraga merupakan bagian dari Health Tourism yang memiliki peluang hingga 2,3 juta lapangan kerja.

Oleh sebab itu, generasi muda maupun pelaku pariwisata diharapkan turut mengambil peluang pariwisata olahraga untuk mendorong kemajuan di Indonesia.

“Jadi konsepnya bukan hanya olahraga saja yang turut merasakan dampak sport tourism. Ada UMKM, hingga industri yang terlibat. Saya kira perlu potensi ini diambil sebagai momentum kebangkitan pariwisata di tengah ancaman resesi global,” kata dia, seraya menambahkan upaya yang sama juga terus dilaksanakan seperti event Ranau Grand Fondo di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan hingga di daerah lain, seperti Lombok Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan event MXGP dan World Superbike yang bakal berkelanjutan.

Adapun diketahui sebelum pembukaan event Poparnas di lingkungan Politeknik Pariwisata Palembang, Menparekraf Sandiaga menyempatkan diri bertanding basket kontra tim Persatuan Bola Basket (Perbasi) Palembang untuk menyemarakkan suasana.

Menteri Sandi tampak cukup piawai memainkan bola basket dan tak canggung berhadapan dengan para atlet profesional daerah.

Sandi mengaku mendapatkan kegembiraan tersendiri di tengah kesibukannya melalui olahraga basket sudah digelutinya sejak masih remaja itu meski permainan itu berakhir dengan skor imbang.

“Mudah-mudahan Poparnas pertama ini sukses sesuai harapan dan bisa lebih berkembang pada Poparnas tahun mendatang,” ungkap Sandiaga didampingi Ketua Pelaksana Poparnas Muhammad Iqbal.[prs]

  • Bagikan