Wapres Instruksikan Penanganan Segera Mungkin Polio

  • Bagikan
Pesantren Syeikh Nawawi
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin /net
image_pdfimage_print

Realitarakyat.com – Wakil Presiden (Wapres) RI Ma’ruf Amin menginstruksikan kepada seluruh pihak terkait untuk sesegera mungkin menangani penyakit poliomyelitis (Polio) agar tidak meluas dan menjadi pandemi di Indonesia.

Hal ini disampaikan menyusul ditemukannya satu kasus Polio tipe 2 yang menyerang seorang anak berusia tujuh tahun di Kabupaten Pidie, Aceh.

“Saya kira perlu segera ditangani, jangan sampai menjadi pandemi seperti dulu,” kata Ma’ruf saat kunjungan kerja di Surakarta, Jawa Tengah berdasarkan rekaman diterima Setwapres, Senin (21/11).

Guna menangani itu, Ma’ruf meminta agar pelaksanaan deteksi dini penyakit Polio dilaksanakan dengan lebih teliti selain menggalakkan imunisasi.

Apabila menjadi pandemi, lanjut dia, maka akan menjadi masalah baru di Indonesia.

“Kalau jadi pandemi akan jadi masalah seperti yang kita alami dulu, (sehingga) imunisasi Polio sampai (menjadi) gerakan nasional,” kata dia.

Sebagai informasi, Indonesia sedang berisiko tinggi menghadapi kejadian luar biasa (KLB) polio. Meningkatnya risiko KLB ini muncul setelah satu kasus polio di Kabupaten Pidie, Aceh. Pasien dilaporkan mengalami gejala demam pada awal Oktober lalu.

Polio merupakan penyakit menular yang disebabkan infeksi virus. Penyakit Polio ini dapat menyebabkan kelumpuhan dengan kerusakan motor neuron pada cornu anterior dari sumsum tulang belakang.

Virus Polio termasuk dalam golongan Human Enterovirus yang bereplikasi di usus dan dikeluarkan melalui tinja. Virus ini menyebar melalui kontak orang ke orang. Ketika seorang anak terinfeksi virus Polio liar, virus masuk ke dalam tubuh melalui mulut dan berkembang biak di usus.[prs]

  • Bagikan