Yandri Susanto Kenang Sosok Taufik Kurniawan

Taufik Kurniawan

Realitarakyat.com – Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto mengenang mantan wakil ketua DPR RI Taufik Kurniawan sebagai sosok yang tidak pernah lelah berjuang untuk partai, terlihat dari ketekunannya membangun karir politik mulai dari tingkat bawah.

Yandri menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya mantan wakil ketua DPR dan Sekretaris Jenderal DPP Partai Amanat Nasional periode 2010-2015 Taufik Kurniawan.

“Beliau adalah sosok yang tidak pernah lelah berjuang dan membesarkan PAN. Ini dapat dilihat dari karir politiknya yang dimulai dari bawah sebagai ketua ranting PAN Gajah Mungkur, Kota Semarang, hingga menduduki sekretaris DPW PAN Jawa Tengah,” kata Yandri di Jakarta, Jumat (25/11).

Dia mengatakan Taufik Kurniawan juga pernah menduduki berbagai jabatan di PAN hingga menjadi Sekretaris Jenderal PAN periode 2010-2015 di era kepemimpinan Hatta Rajasa.

Menurut Yandri, di lembaga legislatif DPR RI, Taufik Kurniawan pertama kali menjadi anggota DPR pada periode 2004-2009 dan pernah menduduki sejumlah posisi strategis seperti wakil ketua Komisi V dan wakil ketua Fraksi PAN.

Pada periode 2009-2014, lanjut Yandri, Taufik menduduki posisi ketua Komisi V dan tahun 2010 ditunjuk menjadi wakil ketua DPR Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat.

“Pada periode 2014-2019, Taufik terpilih kembali menjadi anggota dewan dari Dapil Jawa Tengah VII, kemudian ditunjuk kembali menjadi wakil ketua DPR RI. Tentu banyak jasa-jasa almarhum untuk PAN,” ujar Yandri.

Dia juga menyebut Taufik Kurniawan sebagai sosok baik, ramah, suka menolong, dan berkomunikasi dengan lembut. Sebelumnya, mantan wakil ketua DPR RI Taufik Kurniawan meninggal dunia di Rumah Sakit Elisabeth Semarang, Jawa Tengah, Kamis (24/11) sekitar pukul 16.30 WIB.