Jordi Amat Sebut Piala AFF Seperti Piala Eropa

Realitarakyat.com – Bek naturalisasi Timnas Indonesia Jordi Amat menyebut Piala AFF seperti Piala Eropa atau Euro.

Naturalisasi Jordi Amat baru rampung November lalu. Sejak itu juga perpindahan kewarganegaraan Jordi dari Spanyol ke Indonesia beres.

Selesainya naturalisasi Jordi Amat menguntungkan Timnas Indonesia. Bek 30 tahun itu bisa dimainkan Skuad Garuda di Piala AFF 2022.

Pada turnamen dua tahunan itu juga Jordi Amat debut untuk Timnas Indonesia, tepatnya saat melawan Kamboja pada pertandingan pertama Grup A di SUGBK.

Timnas Indonesia sendiri masih berhasrat mengejar gelar juara Piala AFF yang digelar sejak 1996. Dalam kurun waktu itu Tim Merah Putih enam kali mencapai final, namun selalu berakhir sebagai runner up.

“Pada akhirnya, itu adalah target yang hebat,” ujar Jordi Amat dikutip dari Marca.

Dalam laporan itu pemain kelahiran Catalunya tersebut juga menyebut Piala AFF layaknya Piala Eropa yang diperebutkan Inggris, Jerman, Italia, Spanyol, hingga Portugal.

“Bagi kami, berpartisipasi dalam turnamen ini seperti Piala Eropa sendiri dan setiap pertandingan ditonton oleh 250 juta orang. Kami belum pernah menjuarai turnamen tersebut dan akan kami coba pada edisi ini,” kata Jordi.

Bersama Timnas Indonesia Jordi Amat memiliki banyak agenda. Setelah Piala AFF 2022, Jordi bisa tampil di FIFA Matchday dan juga Piala Asia 2023. (ndi)